in: Digital Camera - News | December 4, 2012 | by: Pramanaya Tjokronegoro

Gear dan Setting Favorit Fotografer Reuters

Reuters menerbitkan “Foto Terbaik 2012”, sebuah kumpulan 95 fotojurnalistik yang mencakup kejadian-kejadian paling fenomenal pada tahun ini. Selain menunjukkan foto-foto besar, penjelasan dari fotografer, dan caption photo resmi yang diterbitkan, setiap foto disertai data teknis alat dan setting pemotretan.

Penggemar fotografi dan anggota Reddit “hallbuzz” mengolase data dari 95 foto tersebut ke dalam tabel dan menerbitkannya di Reddit. Lalu, seorang anggota lain dengan nama “mathiasa” mengubah data tabel itu menjadi diagram lingkaran. Diagram ini memberikan wawasan berbeda mengenai foto-foto terbaik 2012.

Kamera

Lensa Prime

Lensa Zoom

Shutter Speed

Aperture

ISO

Yang terlihat dari diagram ini adalah banyak fotografer memilih menggunakan 1D Mark IV yang dilengkapi sensor APS-H, sedangkan untuk kamera full-frame, 5D lebih populer ketimbang 1Ds/x. Lensa favorit yang digunakan adalah 24mm F/1.4 atau lensa zoom 16-35mm F/2.8, dan banyak yang memotret menggunakan aperture terbesar (wide open). Dari data ISO kita bisa menganalisis bahwa sebagian besar mengunci nilai ISO di nilai tertentu dan tidak mengandalkan ISO auto.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES