LOGO

Hands-On Review: Logitech t400 – Mouse dengan Touch Scroll 4 Arah

Part: 1 2

Salah satu fungsi yang langsung kami coba di kedua sistem operasi pengujian tersebut adalah touch scroll 4 arah yang dihadirkan Logitech pada mouse t400 ini. Touch scroll tersebut bisa dimanfaatkan untuk melakukan navigasi vertikal maupun horizontal di window yang ada maupun di halaman-halaman web dalam browser. Kami bisa dengan mudah melakukan pergerakan ke kanan-kiri di Modern (Metro) UI di Windows 8, serta ke empat arah di Windows Explorer maupun browser. Sayangnya, ketika mencoba menggunakan touch scroll tersebut di aplikasi MS Excel, kami mendapati navigasi horizontal (kanan-kiri) tidak berfungsi di halaman spreadsheet yang terbuka.

Selain berfungsi untuk melakukan touch scrolling, zona peka sentuhan tersebut juga berfungsi sebagai middle mouse button pada t400. Sayangnya, fungsi yang diusung oleh middle mouse button tersebut bukanlah fungsi yang serupa dengan tombol klik tengah layaknya mouse biasa, melainkan fungsi yang serupa dengan tombol Win Key pada sebuah keyboard. Bila tombol tersebut ditekan, sistem akan langsung menampilkan Start Menu di Windows 7 serta Modern (Metro) UI di Windows 8.

Untuk penggunaan sehari-hari, Logitech t400 terasa cukup nyaman ketika digunakan untuk menemani berbagai kegiatan sehari-hari, mulai dari navigasi di desktop dan berbagai aplikasi penunjang pekerjaan sehari-hari, menjelajahi Internet, hingga memainkan beberapa judul game casual. Bahan karet yang digunakan di sekeliling bagian sisi mouse ini membuatnya tidak licin ketika digunakan dan mampu meningkatkan kenyamanan penggunaan.

Tombol klik kiri dan kanan mouse t400 ini juga terasa empuk ketika ditekan dan tidak menghasilkan suara “klik” yang menganggu ketika digunakan. Sayangnya, Logitech tidak menyediakan tombol tambahan di mouse tersebut. Kehadiran tombol tambahan yang bisa diatur fungsinya, yang sudah cukup biasa ditemui di mouse-mouse lain di rentang harga yang sekelas, tentu saja akan menambah kenyamanan penggunaan mouse tersebut.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, t400 Zone Touch Mouse dari Logitech ini merupakan mouse yang nyaman untuk digunakan menemani berbagai kegiatan sehari-hari bersama komputer kesayangan. Ukurannya bisa dikatakan pas, tidak terlalu kecil untuk pengguna yang memiliki telapak tangan besar, tidak juga terlalu besar untuk pengguna yang memiliki telapak tangan kecil.

Tombol klik kiri, tengah, dan kanan yang diusungnya juga nyaman untuk digunakan, tidak berat, dan tidak menimbulkan bunyi “klik” yang menganggu. Hanya saja, fungsi tombol klik tengah yang lain dari biasanya mungkin akan menganggu pengguna yang terbiasa menggunakan tombol tersebut, misalnya untuk membantu navigasi di browser Internet.

Zona peka sentuhan yang dihadirkan untuk menggantikan fungsi untuk scroll terasa cukup mudah dan nyaman digunakan. Beberapa pengguna mungkin butuh waktu untuk beradaptasi, tetapi hal itu seharusnya tidak akan membutuhkan waktu lama.

Kelebihan:

  • Cukup nyaman ketika digunakan
  • Scroll 4 arah yang dihadirkan di zona peka sentuhan bisa mempermudah navigasi di Internet

Kekurangan:

  • Fungsi tombol klik tengah yang berbeda dari fungsi standar
Part: 1 2
Random Articles
Back to Top