LOGO

Hirobo HX-1: Helikopter Mungil dengan Harga Spektakuler

Pernahkah Anda berharap kendaraan yang Anda kendarai atau tumpangi bisa terbang dan melalui kemacetan lalu lintas dengan nyaman? Harapan seperti itu semakin dekat dengan kenyataan berkat inovasi terbaru dari sebuah perusahaan mainan asal Jepang.

Menggunakan pengalamannya dalam membuat helikopter elektrik dengan kontrol remote, Hirobo memperkenalkan helikopter berpenumpang satu, HX-1. Sama seperti helikopter mainan yang mereka produksi selama ini, laju HX-1 didorong oleh tenaga listrik.

Untuk menciptakan desain tubuh yang ringkas, Hirobo menggunakan rotor utama koaksial yang menghilangkan kebutuhan penggunaan rotor di buntut helikopter.

Hirobo menyuguhkan dua cara untuk mengendalikan HX-1. Pilot bisa duduk langsung di kokpit dan memanfaatkan sistem kemudi fly-by-wire melalui joystick.  Untuk membantu proses evakuasi, serta operasi pencarian dan pertolongan pengguna dapat mengendalikan HX-1 menggunakan kontrol remote. Cara pengendalian kedua memungkinkan HX-1 menghampiri dan mengangkut orang yang membutuhkan.

Sayangnya, helikopter mungil itu hanya mampu terbang selama 30 menit dalam kecepatan 60 mil/jam atau sekitar 96 km/jam. Dengan kata lain, jarak yang mampu ditempuh HX-1 hanya sekitar 48 km. Pengujian lebih lanjut kabarnya baru akan dilakukan Hirobo tahun depan.

HX-1 memang tidak diciptakan untuk perjalanan jarak jauh ataupun sebagai alat transportasi sehari-hari. Pasar yang dibidik pun orang-orang kaya yang mencari “mainan”, apalagi harga dipatok untuk HX-1 berkisar USD375.000.

Tampaknya mimpi untuk terbang di atas kemacetan memang semakin dekat dengan kenyataan . . . untuk sebagian orang yang “beruntung”.

Random Articles
Back to Top