LOGO
,

Ilford Memperkenalkan Kamera Sekali Pakai Menggunakan Film Hitam Putih

Dunia photography saat ini didominasi oleh perangkat kamera digital. Secara tidak langsung ini berimbas dengan menurunnya angka penjualan film negatif. Perusahaan yang memproduksi film mau tak mau harus beralih ke digital dengan membuat kamera sendiri seperti Kodak dan Fujifilm atau bersiap menghadapi kebangkrutan. Alternatifnya adalah mencoba membuat produk yang unik sehingga bisa menarik perhatian pengguna.

Ilford sebagai salah satu produsen yang sejak dulu mengkhususkan diri memproduksi  film hitam putih mencoba memperpanjang napasnya di dunia photography dengan memperkenalkan sebuah produk yang cukup unik yaitu kamera sekali pakai yang (tentunya) menggunakan film hitam putih. Langkah ini bisa dikatakan cukup berani mengingat banyak menilai bahwa film negatif terlebih film hitam putih sudah menghitung hari, tetapi ternyata kamera sekali pakai masih memiliki penggemar dikalangan photographer.

Perusahaan Inggris ini mengeluarkan dua varian kamera sekali pakai, yaitu XP2 dan HP5. Yang membedakan kedua varian tersebut adalah tipe film processing yang digunakan. Varian XP2 menggunakan yang film hitam putih yang dapat diproses menggunakan bahan kimia yang digunakan untuk memproses film berwarna atau lebih dikenal dengan proses C-41. Ingin membuat XP2 lebih fleksibel dalam cuci cetak filmnya karena tidak perlu lab photo khusus yang melayani film hitam putih. Sebaliknya pada varian HP5, kamera siap pakai ini menggunakan film hitam putih yang harus diproses menggunakan bahan kimia khusus untuk film hitam putih. Walau tidak sefleksibel varian sebelumnya, Hp5 dapat di cuci cetak lebih karena proses cuci cetak film hitam putih cenderung lebih mudah dan bisa dilakukan sendiri oleh photographer. Masing-masing varian kamera ini dilengkapi built-in flash , 27 exposures dan film yang menggunakan ISO 400.

Ini adalah beberapa contoh dari hasil yang didapatkan menggunakan film yang terdapat pada kamera siapa pakai diatas :

Photo hitam putih memiliki segmen tersendiri dalam dunia photography,begitu juga pengguna kamera siap pakai. Dengan menggabungkan kedua unsur ini Ilford berharap dapat mengeruk keuntungan dari pencinta photography yang menginginkan photo hitam putih instan tanpa harus berkutat dengan olah dgital. Saya pribadi berharap kamera ini masuk ke Indonesia, siapa tahu dapat menelurkan komunitas photography baru yang unik.

Sumber : Petapixel

Random Articles
Back to Top