in: Awards | December 31, 2012 | by: Gatot Tri Yuwono

JagatReview.com Annual Award 2012: Kamera

Salah satu kategori produk yang perkembangannya cukup menarik untuk disimak sepanjang tahun 2012 ini adalah digital camera. Beragam produk yang ditujukan untuk berbagai kelas diperkenalkan oleh produsen-produsen sepanjang tahun 2012 ini. Lalu, produk mana saja yang memiliki kapabilitas yang mumpuni sehingga membuat kami menganugrahkan JagatReview.com Annual Award 2012 kepadanya? Simak jawabannya di bawah ini!

Kamera Saku

Canon PowerShot G1 X

Ukuran sensor yang besar memberikan beberapa kelebihan dibandingkan sensor yang kecil. Contohnya, noise pada sensor besar cenderung lebih rendah dibandingkan pada sensor kecil. Selain itu, ukuran sensor yang lebih besar berdampak pada ruang tajam lebih tipis yang biasanya diincar fotografer.

Canon mengejutkan dunia fotografi digital Januari 2012 yang lalu dengan memuat sebuah sensor besar dalam bodi kecil. Canon G1X ukurannya sangat serupa dengan kamera saku legendaris Canon, Powershot G Series. Namun, dalam G1X terdapat sebuah sensor dengan ukuran 4/3″, setara dengan DSLR keluaran Olympus. Berkat inovasi ini, fotografer mendapat kemudahan penggunaan dan ukuran mungil seperti kamera saku, tetapi hasil kelas DSLR.

Sony Cyber-shot RX1

Seperti yang sudah disebutkan, sensor besar selalu lebih diincar. Sony “menjawab” Canon G1X dengan sebuah kamera saku yang lebih inovatif lagi. Pada Sony Cyber-shot RX1 Anda dapat menemukan sebuah sensor fullframe. Sensor seukuran ini sama dengan yang dimiliki DSLR kelas pro seperti Canon 1Dx atau Nikon D4. Sony RX1 bahkan sudah disebut-sebut sebagai “The new Leica”, mengacu pada kemampuannya untuk menghasilkan gambar istimewa dari bodi yang kecil, seperti layaknya kamera rangefinder Leica. Namun sangat disayangkan, dengan harga $2800, RX1 sudah dapat dipastikan hanya akan menjadi impian sebagian besar fotografer.

Samsung Galaxy Camera

Jika Sony NEX-6 adalah “Kamera Serba Bisa”, maka Samsung Galaxy Camera mungkin adalah Kamera Yang Memiliki Segalanya. Galaxy Camera adalah kamera pertama dengan sistem operasi Google Android. Kamera ini dilengkapi layar sentuh 4,8″, konektivitas 4G, dan tentu saja kemampuan menginstalasi semua aplikasi Android. Ditambah sensor 16 megapixel, lensa zoom 21x, dan prosesor Quad Core 1,4GHz, sepertinya semua yang dibutuhkan pengguna sudah dimiliki Galaxy Camera. Dengan harga resmi di kisaran 5,5 juta rupiah, sepertinya tak ada alasan melirik kamera saku lain.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

COMMENTS

comments!

RANDOM ARTICLES