LOGO

JagatReview.com Annual Award 2012: Komponen PC

Part: 1 2 3

Sebagai pembuka dari JagatReview.com Annual Award 2012, kami menyuguhkan produk-produk komponen PC yang berhasil meraih penghargaan di tahun 2012 ini. Kategori komponen PC ini meliputi perangkat-perangka motherboard, graphics card, dan RAM. Berikut ini adalah daftar produk yang meraih penghargaan tersebut!

 

Motherboard Intel

ASRock X79 Extreme11

Pada board ini ASRock menyediakan sebuah solusi yang cukup impresif. Dilengkapi dengan 2 buah chipset PLX, motherboard ini mampu menyokong konfigurasi multi-GPU dengan menggunakan 4 buah graphic card dan semuanya berjalan dengan kecepatan PCIe x16. Selain itu, board ini juga memiliki sebuah kontroler LSI untuk menangani 8 buah port SAS/SATA 6Gbps ekstra dimana pengguna dapat mengkofigurasikan hingga 8 buah storage pada mode RAID 0/1/10. Dengan setumpuk feature seperti itu tidak aneh jika motherboard ini termasuk sebagai salah satu motherboard dengan feature menonjol tahun ini.

ASUS P8Z77-I Deluxe

Prosesor Ivy Bridge mengusung performa grafik lebih baiik dibandingkan Sandy Bridge. Alhasil prosesor baru ini memungkinkan pengguna membuat sebuah sistem HTPC dengan performa grafis yang cukup mumpuni. ASUS P8Z77-I Deluxe mengusung sebuah solusi motherboard Z77 mini-ITX yang cukup impresif. Motherboard ini memiliki feature tidak kalah dengan sebuah motherboard ATX. Ketika ruang menjadi kendala, maka ASUS mengusung prinsip “if there is no room, we will make one”. Terlihat pada motherboard ini, ASUS tidak ingin mengorbankan jumlah komponen VRM yang digunakan. Menyiasati sempitnya ruang, mereka menambahkan sebuah board kecil yang berisi komponen VRM. Dengan konfigurasi komponen VRM seperti ini tentu membuat kemampuan motherboard mungil ini tidak bisa dipandang sebelah mata.

MSI Z77-GD45 Thunderbolt

Sejak koneksi Thunderbolt diperkenalkan, para produsen berlomba-lomba menghadirkan koneksi ini pada produk motherboard mereka. Umumnya, efek samping dari hadirnya sebuah koneksi Thunderbolt di motherboard adalah harganya yang membengkak. MSI Z77- GD45 Thunderbolt mencoba menghadirkan sebuah alternatif menarik sebuah motherboard Intel Z77 terjangkau dengan koneksi Thunderbolt di dalamnya.

Gigabyte Z77X-UD3H

Motherboard ini bukanlah merupakan produk high-end. Akan tetapi, ternyata performa motherboard ini mampu membuat kami tertegun. Produk Gigabyte ini sebenarnya merupakan seri terendah dari lini Ultra Durable untuk chipset Z77. Walaupun begitu performa yang kami dapatkan ternyata tidak berbeda jauh dengan kelas diatas (terlepas dari tidak hadirnya beberapa feature dalam motherboard ini). Tidak hanya itu, komponen Ultra Durable yang diusung pun telah cukup teruji. Hal ini terbukti ketika board ini menjadi salah satu board yang kami gunakan untuk kegiatan AOCT 2012 dan tidak satu pun board tersebut tumbang selama jalannya lomba.

ECS Z77H2-A2X Golden Board

Kami sebetulnya ingin memberikan award pada motherboard ini hanya karena keberaniaan produsen asal Taiwan ini mengusung konsep “Gold” pada salah satu produk motherboard-nya. Meskipun begitu, motherboard ini ternyata memiliki sebuah atribut lainnya yang patut diacungi jempol. Atribut itu adalah komponen berkualitas yang digunakan oleh motherboard ini. Dengan motherboard ini ECS berhasil merubah image mereka dari produsen motherboard kelas value menjadi produsen motherboard high-end.

Motherboard AMD

ASUS Sabertooth 990FX

Ketika berbicara motherboard untuk prosesor AMD, produk ASUS yang satu ini boleh dibilang tidak punya tandingan. Sabertooth 990FX merupakan satu-satunya motherboard yang mengusung durabilitas sebagai feature utamanya. Tidak heran ketika banyak pengguna workstation berpaling kepada produk ini sebagai solusi tepat untuk sebuah sistem yang bekerja terus menerus selama 24 jam dan 7 hari.

Gigabyte 990FX-UD7

Tidak lengkap daftar kami jika tidak menyertakan motherboard besutan Gigabyte ini. Jika berbicara solusi motherboard AMD kelas high-end untuk prosesor terbaru, produk ini harus kami masukan dalam salah satu kandidat teratas. Ketika berbicara feature yang diusung tidak banyak motherboard sejenis yang mampu menyainginya. Salah satunya seperti dukungan konfigurasi multi-GPU dengan menggunakan 4 buah graphics card..

ASUS F1A75-I Deluxe

Solusi mini-ITX adalah hal yang langka di platform AMD dan inilah yang membuat motherboard ini unik dan patut disebutkan. Walau prosesor yang diusung nya sebentar lagi akan habis masa beredarnya tetapi bukan berarti platform berbasis Llano menjadi usang. Dengan motherboard ini, platform ini masih bisa menjadi alternatif bagi mereka yang ingin memiliki HTPC dengan performa grafis mumpuni.

Part: 1 2 3
Random Articles
Back to Top