in: Awards | December 31, 2012 | by: Gatot Tri Yuwono

JagatReview.com Annual Award 2012: Smartphone dan Tablet Android

Kategori yang satu ini cukup banyak menyita waktu kami dalam memutuskan perangkat mana yang layak mendapatkan penghargaan di JagatReview.com Annual Award 2012! Ya, banyaknya smartphone dan tablet berbasis Android dengan berbagai keunggulannya masing-masing yang muncul di tahun 2012 ini membuat kami harus meluangkan waktu ekstra untuk memilih mana yang terbaik diantaranya. Berikut ini adalah daftar smartphone dan tablet berbasis sistem operasi Android terbaik di tahun 2012 menurut tim JagatReview.

Smartphone Entry Level

IMO Discovery S88

Smartphone yang satu ini memiliki harga cukup terjangkau, di bawah 2 juta rupiah. Dengan harga seperti itu, Anda sudah mendapatkan smartphone dengan prosesor dual-core dengan kecepatan 1 GHz dan layar 4,3 inci. Keunggulan tersebut ternyata membuat smartphone ini banyak diincar orang dan sempat membuat smartphone ini kehabisan stok. Dengan alasan seperti itulah kami menganugerahkan Gold Award untuk smartphone yang satu ini.

Lenovo S560

Dengan harga tidak sampai 2 juta rupiah, smartphone ini menawarkan feature terdepan seperti Dolby Stereo Mobile yang biasanya baru bisa ditemukan pada perangkat dengan harga 2 juta ke atas. Selain itu, smartphone ini pun juga sudah memiliki dua buah core pada prosesornya. Dan tentunya dengan menyandang merek Lenovo, akan membuat sebagian orang merasa nyaman menggunakan smartphone yang satu ini.

ZTE Grand X

Smartphone yang satu ini telah menggunakan sistem operasi Jelly Bean langsung dari pabrikannya. Selain itu, smartphone ini juga memiliki feature Dolby Mobile dan juga prosesor dual-core dengan kecepatan 1 GHz. Hal ini membuat ZTE Grand X menjadi smartphone Jelly Bean terjangkau pertama di Indonesia dengan harga 2 jutaan rupiah.

Smartphone Mainstream

Lenovo K860

Ingin memiliki smartphone Android dengan prosesor quad-core tanpa harus merogoh kocek lebih dari empat juta rupiah? Smartphone yang satu ini mungkin bisa menjadi jawaban Anda. Dengan chipset Exynos 4412 yang terpasang di sana, smartphone yang satu ini siap menjalankan segala aplikasi dan game keluaran terbaru yang tersedia di Google Play.

Sony Xperia P

Smartphone dengan harga 3 jutaan rupiah ini memang tidak dilengkapi prosesor dengan 4 buah core. Akan tetapi, kami menemukan bahwa kamera bawaan smartphone yang satu ini menghasilkan gambar yang sangat bagus pada di kelas harga tersebut. Hal tersebut juga didukung dengan memori internal yang lega sebesar 16 GB. Akan sulit menemukan kamera smartphone yang mampu menangkap gambar dengan sangat baik pada level harga kurang dari 3,5 juta rupiah.

Google Galaxy Nexus

Smartphone yang satu ini sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Dengan spesifikasi standarnya, smartphone ini dipastikan mendapatkan update sistem operasi Android langsung dari si empunya, Google. Tentu saja, saat ini Galaxy Nexus sudah mendapatkan update sistem operasi Android Jelly Bean 4.2. Hal yang belum tentu ditemukan pada smartphone kelas atas lainnya dengan rentang harga yang sama atau bahkan lebih tinggi.

Smartphone High End

Samsung Galaxy Note II

Apalagi yang mau dikatakan pada phablet dengan feature lengkap nan mewah ini? Tidak hanya mengasyikkan dalam bernavigasi dengan S-Pen, phablet yang satu ini pun juga merupakan satu-satunya perangkat 5 inci yang dapat menggunakan 2 buah window. Tentu saja hal ini membuat Galaxy Note II lebih dari sebuah perangkat Android.

Samsung Galaxy S III

Samsung Galaxy S III merupakan smartphone Android kelas atas yang paling banyak diminati. Dengan spesifikasi kelas atas ditambah dengan segudang feature yang ada di dalamnya, smartphone ini kerap dibandingkan dengan iPhone terbaru buatan Apple. Meskipun memiliki harga tergolong tinggi, ternyata tidak membuat orang berpindah ke lain hati. Hal ini dibuktikan dengan penjualan Galaxy S III yang sangat tinggi di seluruh belahan dunia.

HTC One X+

Smartphone dengan jeroan NVIDIA Tegra 3 ini memang memiliki kinerja yang luar biasa dengan prosesor quad-core-plus-1 dengan clock speed 1.7 GHz. Smartphone ini juga mampu memindahkan beban kerjanya ke sebuah core prosesor tambahan (bernama companion core) yang memiliki daya yang lebih rendah untuk menghemat baterai saat tidak banyak tugas berat dijalankan. Dengan menyandang nama One, smartphone ini pun juga memiliki kamera dengan diafragma f2.0 yang mampu menangkap gambar sangat baik untuk ukuran kamera smartphone.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags: