LOGO
,

MediaTek Luncurkan Chipset MT6589. Quad-Core Cortex-A7 Pertama di Dunia

Pilihan perangkat Android dengan prosesor quad-core tampaknya akan semakin beragam dengan masuknya MediaTek ke pasar ini. MediaTek baru saja meluncurkan chipset MT6589 yang diklaim sebagai prosesor quad-core Cortex-A7 pertama di dunia. Chipset ini sendiri ditujukan untuk menciptakan smartphone dan juga tablet Android dengan price/performance terbaik.

Chipset MT6589 dipersenjatai prosesor quad-core Cortex-A7 dengan clock speed 1GHz+ dan GPU PowerVR Series5XT. Chipset dengan proses fabrikasi 28 nm ini ditujukan untuk perangkat Android dengan sistem operasi versi 4.1 atau versi di atasnya (Key Lime Pie?). Dari segi multimedia, perangkat Android dengan chipset ini memiliki kemampuan untuk memutar video 1080p, mendukung kamera 13MP dengan format Stereo 3D, dan juga mendukung wireless display, Miracast. Sedangkan dari segi konektivitas jaringan, chipset MT6589 mendukung 3G/HSPA+ dan TD-SCDMA dengan dual-SIM dimana keduanya dapat aktif secara bersamaan. Diperkirakan perangkat Android dengan chipset MT6589 akan mulai tersedia di pasaran pada kuartal satu 2013.

Sumber: engadget

Lalu bagaimana dengan performanya? Website engadget ternyata telah melakukan hands-on dan melakukan pengujian dengan hasil seperti terlihat pada tabel di atas.

MediaTek sendiri memposisikan chipset MT6589 untuk bersaing dengan chipset Snapdragon “Krait” S4 dual-core. Oleh karena itu tidak aneh jika pada beberapa pengujian performanya masih belum dapat menyaingi beberapa prosesor quad-core yang ada saat ini. Akan tetapi, bisa jadi dengan performa seperti itu, justru kita akan melihat smartphone Android quad-core dengan harga lebih murah dibandingkan smartphone Android quad-core lainnya. Terlebih jika melihat perangkat Android dengan chipset MediaTek yang beredar saat ini ternyata memiliki harga yang tergolong terjangkau.

Sumber

Random Articles
Back to Top