in: News | December 21, 2012 | by: Ernest Dimitria

Mendekati Peluncuran BlackBerry 10, Saham dan Pendapatan RIM Menurun

Mendekati akhir tahun 2012, Research In Motion (RIM) mengumumkan laporan finansial kuartal ketiga yang menunjukkan terjadinya beragam penurunan. Dari segi pendapatan, RIM hanya mampu meraup US$2,7 miliar yang merupakan penurunan 5% dari kuartal sebelumnya dan 47% dari kuartal ketiga tahun lalu. Nilai sahamnya pun menurun sebesar US$0,22.

Seiring dengan laporan kuartal ketiga yang mengecewakan, Chief Information Officer RIM Robin Bienfait mengumumkan pengunduran dirinya. Enam tahun berkiprah di RIM, tugas Beinfait difokuskan kepada pengembangan layanan infrastruktur data, dari keberadaan tunggal di Kanada menjadi model terdistribusi yang menghubungkan lebih dari 650 mitra operator di seluruh dunia. Data yang ditangani pun awalnya hanya sebesar 47PB per tahun meningkat menjadi 33PB per bulan.

Tugas lain yang diemban Beinfait berhubungan dengan persiapan peluncuran BlackBerry 10, khususnya untuk segmen enterprise. Lebih dari 150 operator sedang menyelesaikan program penerimaan teknis untuk lini produk BlackBerry 10 pertama dan versi beta BlackBerry Enterprise Service 10 sudah mulai diperkenalkan kepada 120 perusahaan, termasuk 64 perusahaan dalam daftar Fortune 500. Versi konsumer BlackBerry 10 sendiri baru akan diluncurkan pada 30 Januari 2012.

Tampaknya BlackBerry masih memegang teguh perannya sebagai penyedia perangkat enterprise. Namun, seberapa tangguh lini produk BlackBerry 10 dalam bersaing di industri yang bergantung kepada ekosistem aplikasi?

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES