LOGO
,

nimbRo-OP, Robot yang Bisa Bermain Sepak Bola

Perkembangan teknologi robot yang berbentuk dan bertingkah laku seperti manusia bukan hal baru lagi. Contohnya, ASIMO yang mampu berjalan dan berlari atau robot buatan Toyota yang mampu memainkan alat musik.

Para peneliti teknologi robot dari Universitas Bonn, Jerman, sedang mengembangkan sebuah robot berbentuk manusia yang dapat bermain sepak bola. Robot ini dinamakan nimbRo-OP.

nimbRo-OP adalah sebuah robot open source yang dibuat dengan software berbasis Linux. Robot ini mampu mengamati bola, berjalan, berlari, menendang bola maupun berdiri tegak. Teknologi yang dibenamkan di dalamnya antara lain PC Dual Core sebagai power utamanya dengan prosesor 1.65GHz, 2GB RAM, dan 64GB SSD.

Robot nimbRo-OP memiliki bobot seberat 6.6kg dan tinggi 95cm. Ukuran tersebut membuatnya terlihat seperti anak kecil ketimbang orang dewasa pada umumnya. Konsep bobot rendah inilah yang membuat robot nimbRo-OP mampu bergerak dengan lincah.

Selain itu, nimbRo-OP juga dilengkapi Wi-Fi, USB 3.0, kapabilitas HDMI, gigabyte ethernet, dan sebuah slot memory card. Untuk sumber energinya, nimbRo-OP menggunakan baterai lithium polymer, sedangkan bagian mata robot ini menggunakan kamera wide-angle dengan 3-axis gyro dan 3-axis accelerometer. Robot ini terbuat dari material carbon composite, aluminium, dan ABSplus.

Penasaran seperti apa performa dari robot ini? Anda bisa saksikan demonstrasinya lewat video berikut:

Random Articles
Back to Top