in: News | December 23, 2012 | by: Yufianto Gunawan

RIM Capai Kesepakatan dengan Nokia Terkait Paten WLAN

Nokia dan RIM akhirnya mencapai kesepakatan terkait masalah pelanggaran hak paten terkait teknologi WLAN yang dilakukan RIM terhadap Nokia. Kedua perusahaan yang posisinya di dunia ponsel tengah mengalami penurunan tersebut dikabarkan telah menandatangani kesepakatan yang memperbolehkan RIM menggunakan teknologi yang telah dipatenkan Nokia dalam produk-produk mereka.

Menurut informasi yang beredar, RIM akan membayar sejumlah uang sebagai bagian awal dari perijinan penggunaan teknologi WLAN yang telah dipatenkan Nokia tersebut. Selanjutnya, RIM tetap diwajibkan untuk membayar sejumlah uang setiap jangka waktu tertentu selama mereka masih menggunakan teknologi dari Nokia tersebut. Sayangnya, kedua pihak tidak memberikan informasi terkait berapa besar jumlah uang yang harus dibayarkan RIM kepada Nokia untuk penggunaan paten tersebut.

Kesepakatan yang dicapai kedua perusahaan tersebut bisa dikatakan datang dengan cepat setelah Nokia memutuskan untuk mengajukan tuntutan ke pengadilan terkait pelanggaran paten teknologi WLAN yang dilakukan oleh RIM. Tuntutan tersebut pertama kali dilayangkan Nokia pada bulan November 2012 lalu. Namun, hanya sekitar sebulan setelah tuntutan tersebut dilayangkan, Nokia dan RIM sudah mencapai kesepakatan terkait penggunaan teknologi di paten tersebut oleh RIM. Cepatnya penyelesaian masalah tersebut disinyalir merupakan upaya RIM untuk mencegah masalah tersebut menganggu rencana mereka meluncurkan produk baru dengan BlackBerry 10 di awal tahun 2013 mendatang.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES