LOGO

Solusi Resmi Canon Ketika Filter Anda Tersangkut Pada Lensa

Apa yang Anda lakukan  ketika filter yang digunakan tersangkut pada lensa dan tidak bisa dicopot? Setelah mencoba dengan sekuat tenaga untuk membukanya dan tak berhasil, tentunya sebuah langkah masuk akal untuk meminta bantuan dari servis center resmi.

Hal ini yang dilakukan seorang photographer Craig Pulsifer ketika dia secara tak sengaja membenturkan bagian depan lensanya dan membuat filter yang dia gunakan tersangkut pada lensa. Setelah mencoba berbagai cara dan tak menemukan solusi yang memuaskan, dia mencoba bertanya pada servis center resmi Canon. Jawaban yang didapatkannya dari teknisi di service center cukup mengejutkan. Saran yang ia dapatkan dari teknisi tersebut adalah mencoba melepaskan filter tersebut dengan gergaji besi dan palu!!!

Dengan mengikuti instruksi teknisi dari Canon Professional Services, Craig mendokumentasi step by step bagaimana dia akhirnya berhasil melepaskan filter tersebut.

Beberapa peralatan yang harus disiapkan sebelum mencoba tutorial ini, antara lain adalah gergaji besi, tang dengan ujung pipih, tang dengan ujung lebar, palu dan blower. Peralatan yang umumnya tidak pernah diasosiakan dengan kegiatan photography.

Langkah pertama yang dilakukan adalah memotong bibir dari filter yang tersangkut pada empat sisi menggunakan gergaji besi. Potongan yang dilakukan sampai menyentuh kaca filter.

Langkah kedua adalah meremukan kaca filter menggunakan palu. Lakukan dengan perlahan agar hanya kaca filter saja yang pecah, bukan kaca lensa. Filter yang sudah tersangkut ini memang harus dikorbankan, lebih mengorbankan sebuah filter daripada harus kehilangan sebuah lensa.

Langkah ketiga melibatkan mencabut pecahan-pecahan kaca filter. Dengan tidak adanya kaca filter maka tekanan ulir filter dan filter tersebut menjadi berkurang.

Setelah pecahan kaca bersih, saatnya mencopot filter dengan sedikit menggoyangkannya menggunakan tang lebar.

Voila !!! Akhirnya filter tersebut dapat dicopot dari lensa.

Apabila semua dilakukan dengan benar maka lensa Anda pun dapat selamat tanpa kurang suatu apa pun.

Langkah-langkah diatas memang terlihat sedikit menyeramkan tetapi ternyata dibanyak toko kamera diluar negeri solusi seperti ini merupakan langkah yang wajar dilakukan. Jika tidak ada alternatif lain, memang langkah-langkah ekstrem memang perlu dilakukan.

PS : Jika memang Anda memiliki filter yang tersangkut, jangan buru-buru mencoba mengikuti langkah diatas. Langkah-langkah diatas merupakan alternatif ketika solusi lain telah dicoba dan ternyata tidak berhasil. Jika memang hal diatas sering terjadi pada Anda, kami menyarankan membeli aksesories dibawah ini :

Barang ini dapat ada beli di Amazon seharga USD $ 8.95. Cobalah dulu sebelum memilih langkah-langkah yang lebih ekstrem.

Sumber : Petapixel

Random Articles
Back to Top