LOGO
,

Spesifikasi Prosesor Intel Haswell Terkuak

Intel saat ini memang tengah menyiapkan prosesor penerus Intel Ivy Bridge yaitu Haswell. Meskipun diperkirakan baru akan diluncurkan pada tahun 2013 mendatang, rumor mengenai prosesor Core i generasi keempat ini mulai muncul ke dunia maya dan hal seperti inilah yang memang biasanya ditunggu penampakannya terlebih jika menyangkut hardware komputer generasi terbaru. Salah satu rumor tersebut adalah munculnya rumor mengenai spesifikasi dan varian prosesor Intel Haswell yang diperlihatkan website VR-Zone Asia yang kami dapatkan dari Guru3D.

Dimanakah varian Intel Core i3 yah?
(klik gambar untuk memperbesar)

Melihat tabel di atas, Intel kembali mempersiapkan dua jenis prosesor Haswell yaitu versi normal dan versi hemat daya seperti pernah dilakukan juga pada Sandy Bridge maupun Ivy Bridge. Prosesor Intel Haswell versi normal akan hadir dengan TDP 84 Watt (lebih tinggi dibandingkan Ivy Bridge dengan TDP 77 Watt) dan versi hemat daya akan hadir dengan TDP bervariasi dari 35 Watt hingga 65 Watt.

Prosesor Intel Haswell akan memiliki 2 varian dengan multiplier tidak dikunci yaitu Core i7 4770K dan Core i5 4670K. Konfigurasi core Haswell ternyata juga tetap sama dengan Sandy Bridge dan Ivy Bridge dimana varian terkencang akan dilengkapi 4 buah core prosesor dengan 8 buah thread (Hyper Threading). Tidak hanya itu, nilai clock speed dan Turbo clock Haswell ternyata juga tidak jauh berbeda dengan Ivy Bridge terkencang saat ini, 3.5-3.9 GHz. Meskipun begitu, Haswell diperkirakan akan memiliki performa komputasi  lebih baik dibandingkan Ivy Bridge untuk nilai clock speed yang sama. Sejauh apa? Kita tunggu saja sampai prosesor ini benar-benar resmi diluncurkan.

Prosesor Haswell akan dilengkapi GPU terintegrasi generasi terbaru yaitu Intel HD Graphics 4600. Satu hal menarik adalah seluruh varian prosesor Haswell hanya dilengkapi satu varian GPU terintegrasi tidak seperti Sandy Bridge (HD 3000 & HD 2000) dan Ivy Bridge (HD 4000 & HD 2500) yang memiliki dua varian GPU terintegrasi. Dengan perbedaan hanya terletak pada clock GPU, hal ini tentu menguntungkan karena pengguna tetap dapat menikmati kemampuan Intel HD Graphics 4600 meskipun menggunakan prosesor tipe paling rendah/murah.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Apakah Haswell menjadi incaran upgrade sistem Anda selanjutnya atau Anda memiliki rencana lainnya?

Sumber

Random Articles
Back to Top