LOGO
,

Spesifikasi SoC NVIDIA Tegra 4 Terungkap

Di kabarkan akan menunjukkan dirinya pada ajang CES (Consumer Electronics Show) pada bulan Januari dan MWC (Mobile World Congress) pada bulan Februari tahun 2013, spesifikasi SoC (System on Chip) NVIDIA Tegra 4 mulai terungkap. Sebuah slide presentasi dari website ChipHell yang dipercaya berasal dari NVIDIA sendiri menunjukkan dengan gamblang seperti apakah spesifikasi Tegra 4 nantinya.

Slide di atas mengungkapkan beberapa hal menarik mengenai NVIDIA Tegra dengan codename Wayne ini. NVIDIA Tegra 4 ternyata memiliki konfigurasi chipset seperti Tegra 3 yaitu 4-Plus-1. Di sisi prosesor, Tegra 4 dipersenjatai 4 buah core ARM Cortex-A15 (performance core) dan satu buah core ARM Cortex-A7 (companion/low-power core). Sedangkan di sisi graphics, NVIDIA Tegra 4 akan dilengkapi GPU dengan jumlah CUDA Cores sebanyak 72 buah atau 6 kali lipat jumlah CUDA Cores pada NVIDIA Tegra 3 (12 CUDA Cores). Tidak hanya itu, NVIDIA Tegra 4 kini mendukung konfigurasi dual-channel memory dengan dukungan memori tipe DDR3L, LPDDR2, dan LPDDR3. SoC Tegra 4 sendiri akan diproduksi dengan proses fabrikasi 28 nm seperti kita jumpai pada graphics card Kepler mereka.

Tidak hanya sampai disitu, NVIDIA Tegra 4 kini dilengkapi engine video dan display terbaru. Tegra 4 kini dapat menjalankan konten video resolusi 2560×1440 piksel pada perangkat display dengan resolusi gambar Ultra HD (3820×2160 piksel). Dengan kemampuan seperti itu Tegra 4 ternyata tetap menggunakan interface HDMI untuk output ke perangkat display. Satu hal menarik adalah Tegra 4 menghadirkan interface terbaru yaitu USB 3.0 yang menawarkan bandwidth hingga 10 kali lipat interface USB 2.0.

Slide presentasi di atas memang belum dapat dipastikan 100% kebenarannya. Akan tetapi jika NVIDIA Tegra 4 memang memiliki spesifikasi seperti itu, tentu saja kami akan tertarik sekali untuk menguji kemampuannnya. Kami sendiri tidak bisa membayangkan bagaimana kemampuan perangkat Android nantinya jika menggunakan jeroan seperti ini dan bagaimana harganya nanti. NVIDIA Tegra 4 sendiri ditargetkan untuk perangkat super phone, tablet, dan juga clamshell tablet.

Sumber

Random Articles
Back to Top