LOGO

Acer Iconia B1: Tablet yang Lebih Murah dari Nexus 7

Perang harga perangkat tablet di tahun 2013 akan semakin memanas. Dari berita yang tersebar di Internet, Acer akan segera meluncurkan tablet seri Iconia dengan harga di bawah US$ 100. Acer akan memperkenalkan dan memperlihatkan Acer Iconia B1 pada perhelaan akbar CES 2013 dan MWC 2013 yang akan segera dilangsungkan pada awal tahun depan. Harga yang ditawarkan cukup menggiurkan, mengingat harga tersebut akan langsung memukul harga Google Nexus 7 yang telah diperkenalkan sebelumnya oleh Google.

Spesifikasi dan Spekulasi

Acer Iconia B1 mempunyai dimensi yang tergolong slim dan kemungkinan akan mempunyai beberapa pilihan warna pada bagian bezel-nya dan tombol home di bagian kirinya. Dari berita simpang siur yang beredar, tablet ini akan menggunakan prosesor dual core dengan memory 512MB RAM. Untuk penyimpanan data, Acer memberikan ruangan sebesar 8GB dengan opsi ekspansi MicroSD. Acer Iconia B1 juga akan di lengkapi dengan Bluetooh v.4.0 dan GPS. System operasi yang diusung nantinya adalah Android 4.1.2 atau lebih dikenal dengan Jelly Bean.

Jika Anda bertanya-tanya apa prosesor yang digunakannya, mari kita telaah fakta yang ditampilkan. Prosesor yang dipakai berkecepatan 1,2 GHz dual core, dengan sisi VGA Power VR SGX 531. Dipadu dengan harga tablet yang sangat murah, dugaan kami, prosesor ini adalah Mediatek (MTK) 8377. Ini adalah prosesor yang merupakan perbaikan dari MTK 6577 (dual core 1,0 GHz). Peningkatan frekuensi sebesar 200 MHz seharusnya bisa membuat tablet beresolusi layar 1024 x 600 ini memiliki performa yang cukup baik. Sementara, dukungan purna jual Acer akan membuatnya semakin menarik.

Lagi-lagi melihat dari harganya, tampaknya harga tersebut (jika benar) akan berlaku untuk versi WiFi-only. Sementara, apabila akan ada versi dengan konektivitas 3G, harganya bisa meningkat sekitar 700ribu sampai 1 juta rupiah lebih tinggi. Tentu saja, ini semua masih perkiraan kami berdasarkan harga modul dan kemungkinan biaya yang dibutuhkan untuk proses sertifikasi.

Dengan hadirnya tablet Acer Iconia B1 pastinya akan menambah panas perang tablet dengan harga terjangkau dan pastinya konsumen akan semakin dapat memiliki perangkat tablet. Lalu apa jadinya bila tablet Acer Iconia B1 memang mempunyai harga di bawah US$ 100 bila di pasarkan di Indonesia, pastinya merupakan bencana bagi tablet buatan negeri Cina dan merupakan anugrah bagi masyarakat kita.

Random Articles
Back to Top