LOGO
,,

Tutorial: Belanja Musik dan Film di iTunes dengan Lebih Pintar

Part: 1 2

Sembilan tahun setelah peluncuran iTunes Store di Amerika Serikat, pengguna iTunes di Indonesia sudah mulai bisa membeli musik dan film dari Apple iTunes Store. Memang sejak peluncurannya di 28 April 2003, fungsi iTunes Store dibatasi sesuai negara penggunanya. Hal ini dikarenakan masalah lisensi dan ketentuan hukum di masing-masing negara.

Akibat keterbatasan ini, pengguna iTunes di Indonesia sebelumnya hanya dapat membeli aplikasi untuk perangkat Apple. Namun dengan perubahan yang diterapkan saat ini, Anda sudah dapat membeli musik dan film. Bagaimana caranya, dan apa saja yang ditawarkan iTunes Store? Simak artikel JagatReview di bawah ini.

Aplikasi dan Akun

Satu-satunya cara mengakses iTunes Store adalah melalui aplikasi iTunes dari Windows, Mac, atau perangkat iOS Anda. Jika Anda belum memiliki aplikasi tersebut, Anda dapat mengunduhnya dari situs Apple.

Setelah masuk ke iTunes Store, Anda perlu membuat akun. Dalam akun ini Anda dapat memilih untuk tidak memasukkan nomor kartu kredit, tetapi jika Anda ingin membeli musik atau film maka Anda perlu mengisi data-data pembayaran tersebut.

Belanja Musik

Di bagian atas aplikasi terdapat beberapa tombol navigasi. Klik “Music” atau “Movies” untuk mulai berbelanja, atau klik tanda panah kecil untuk menampilkan daftar kategori.

Dalam halaman muka Music atau Movies Anda akan menemukan banyak pilihan lagu, album, atau film. Setiap bagian memiliki algoritma tersendiri yang dapat ditelusur lebih lanjut dengan mengklik “See All”. Anda bisa mencoba mengklik See All di bagian Top Songs, misalnya, untuk menampilkan daftar lagu paling populer.

Dalam daftar yang lebih dalam ini Anda dapat melihat 200 pilihan lagu atau album. Anda dapat menyortir setiap kolom sesuai dengan kebutuhan. Dalam contoh di atas, kami mengklik kolom “Price” untuk menyortir daftar sesuai harga.

Sebelum membeli sebuah lagu, Anda dapat mencobanya terlebih dahulu. Di sebelah kiri judul lagu terdapat tombol Play untuk memutar secuplik lagu.

Selain membeli lagu atau album, Anda dapat mengklik panah di sebelah “Buy” untuk menampilkan pilihan lain. Anda bisa berbagi link ke lagu/album tersebut, mencantumkannya dalam Wish List, dan bahkan menghadiahkannya untuk pengguna iTunes lain.

Jika Anda tertarik dengan sebuah lagu, Anda dapat mencek apakah tersedia versi lain dari lagu itu. Klik panah di sebelah Buy dan klik Other Versions.

Jika tersedia, maka iTunes akan menampilkan versi lain dari lagu tersebut, baik itu versi akustik, versi trance, atau versi cover dari artis lain.

Jika tidak menemukan apa yang Anda cari, gunakan search box di kanan atas. Anda dapat mempersempit hasil pencarian dengan mengklik tipe media yang Anda cari di sebelah kiri.

Part: 1 2
Random Articles
Back to Top