in: News | December 14, 2012 | by: Ernest Dimitria

Yahoo!: 7 Kata Kunci Terpopuler dalam Kategori “Teknologi” Selama 2012

Hingga saat ini, Google masih memegang predikat sebagai mesin penelusuran web terbesar di dunia. Di tengah kekuasaannya, Microsoft mulai mengintil di belakang dengan Bing yang menjadi mesin penelusuran utama dalam perangkat berbasis Windows 8 dan Windows Phone 8.

Di balik sengitnya persaingan antar kedua raksasa tersebut berdiri Yahoo!, sebuah portal berita yang juga menyuguhkan mesin penelusuran komprehensif. Meskipun namanya tidak setenar Google, mesin penelusuran Yahoo! masih banyak diandalkan.

Menyambut akhir tahun 2012, Yahoo! Indonesia memaparkan rangkaian kata kunci terpopuler selama tahun ini. Daftar kata kunci tersebut dibagi ke dalam beberapa kategori, antara lain Nasional, Internasional, Olahraga, dan Korupsi. Namun, kami hanya akan mengulas tujuh kata kunci terpopuler dalam kategori Teknologi.

1. Galaxy Nexus

Menjelas peluncuran lini produk baru Nexus, smartphone Nexus kedua dari Samsung—Galaxy Nexus—mendapat potongan harga yang signifikan. Meskipun pertama kali diluncurkan pada akhir tahun lalu, kombinasi antara sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich dan kualitas hardware Samsung tetap menarik perhatian konsumen.

2. IPO Facebook

Penjualan saham Facebook merupakan salah satu berita hangat pada pertengahan tahun ini. Tepatnya Mei 2012, situs jejaring sosial terbesar di dunia itu membuka IPO (initial public offering). Penjualan saham ini merupakan yang terbesar dalam sejarah internet dan industri TI.

3. Marissa Mayer

Di usianya yang ke-37, Marissa berhasil diangkat menjadi presiden dan CEO Yahoo!. Jabatan tersebut menjadikannya sebagai salah satu CEO termuda dalam perusahaan Fortune 500, serta menduduki peringkat ke-14 sebagai wanita pebisnis terkuat di Amerika berdasarakan majalah Fortune.

4. New iPad

Peluncuran perangkat mobile Apple tidak pernah luput dari perhatian publik. Apalagi jika perangkat tersebut masuk dalam lini produk iPad yang masih menguasai pasar tablet dunia. Tahun ini, industri TI kedatangan generasi ketiga dan keempat iPad yang turut dihiasi model terbaru iPad Mini.

5. iPhone 5

Selain lini produk iPad, Apple juga meluncurkan smartphone terbarunya, iPhone 5 yang sudah mengusung sistem operasi iOS 6. Sayangnya, minimnya perubahan desain maupun fitur membuat para konsumen terkejut.  Yang lebih mengejutkan lagi adalah tingkat akurasi yang ditunjukkan oleh aplikasi Apple Maps.

6. SOPA-PIPA

Stop Online Piracy Act dan Protect IP Act merupakan hukum yang diajukan di Amerika Serikat untuk melindungi hak cipta. Namun, pengajuan tersebut justru menuai protes dari beragam pihak yang melihat adanya ancaman terhadap kebebasan berpendapat.

7. Apple-Samsung

Persaingan penjualan perangkat mobile antara dua perusahaan TI raksasa asal Amerika Serikat dan Korea Selatan itu berlangsung dengan sengit, bahkan terlalu sengit hingga membawa keduanya ke meja hijau. Tuntutan demi tuntutan dilancarkan masing-masing perusahaan ke satu sama lain dan keduanya pun terpaksa keluar-masuk ruang pengadilan. Meskipun Apple menang, tampaknya perseteruan itu belum dan tidak akan berakhir dalam waktu dekat.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES