LOGO
,

AMD Kabini E-Series Tertinggi: E1 3310 dengan HD 8240G

Sebelumnya dikabarkan mengenai kehadiran AMD Kabini X-Series yang akan hadir pada bulan Juni 2013 mendatang, salah satu tipe yang akan dirilis adalah Kabini X4 5110 yang dari penamaannya sudah dipastikan APU X-Series ini akan menggunakan Quad Core “Jaguar” dan menjadi kelas tertinggi untuk Kabini.

Kali ini terdapat informasi mengenai kehadiran Kabini E-Series yang akan menggantikan platform Brazos (2.0) saat ini, yaitu Kabini E1 2210 dan diatasnya adalah E1 3310 yang dikabarkan merupakan Kabini E-Series paling tinggi dan menggunakan inti “Jaguar” yang sama seperti pada Kabini X-Series. Walaupun spesifikasi lengkap dari APU Kabini E-Series ini belum diketahui secara jelas, namun prosesor “hemat daya” ini diketahui akan menggunakan chip grafis HD 8240G yang sudah membawa arsitektur GCN sama seperti generasi graphics card desktop saat ini.

Karena memang didesain untuk platform “low power”, selain versi desktop-nya, kemungkinan kita bisa melihat Kabini E-Series ini dalam bentuk “ultrabook” (ultrathin AMD) atau mungkin juga versi tabletnya, mengingat thermal design dari chip SoC ini bekerja dibawah 15 Watt. Jadwal produksi dari jajaran AMD Kabini ini dilaksanakan pada bulan Maret dan April 2013, dan kemungkinan besar AMD sudah bisa meluncurkannya pada bulan Juni 2013 mendatang. Mari kita lihat saja, apakah AMD bisa bersaing dengan kompetitornya pada platform “murah” dan rendah daya ini pada tahun 2013.

Random Articles
Back to Top