in: News - Otomotif | January 26, 2013 | by: Ernest Dimitria

BMW Mendapat Akses ke Teknologi Fuel Cell Toyota

Kabar mengenai rencana kerja sama antara Toyota dan BMW telah beredar cukup lama. Beberapa di antaranya bahkan sudah terealisasi. Yang terbaru adalah penggunaan teknologi fuel cell Toyota di mobil BMW.

Toyota FCV-R (*image source: AutoGuide).

Dua raksasa dalam industri otomotif itu belum lama ini mengumumkan finalisasi perjanjian baru. Dalam perjanjian tersebut BMW mendapat akses ke teknologi fuel cell milik Toyota. Rencananya BMW akan menyematkan teknologi tersebut ke dalam prototipe kendaraan pada 2015 mendatang.

Teknologi yang sama telah digunakan Toyota untuk mobil konsep FCV-R. Mobil yang desainnya menyerupai Prius itu sudah dipamerkan di ajang Tokyo Motor Show dua tahun lalu dan Detroit Auto Show 2012. Namun, mobil berbahan bakar hidrogen itu rencananya juga akan diproduksi pada 2015.

Berdasarkan mobil konsep FCV-R, teknologi fuel cell kembangan Toyota mampu menempuh perjalanan sejauh 435 mil atau sekitar 700 km.

Selain penggunaan teknologi fuel cell, Green Car Reports menyebutkan bahwa perjanjian baru antara Toyota dan BMW juga meliputi pengembangan sebuah mobil sport. Belum ada informasi lebih rinci mengenai hal tersebut, tetapi kemungkinan akan melanjutkan model Celica atau Supra dan BMW Z4.

Kehadiran mobil dengan teknologi fuel cell milik Toyota akan memperkaya portofolio kendaraan “hijau” milik BMW yang saat ini diramaikan oleh lini mobil konsep seri i yang mengusung teknologi hybrid, serta skuter elektrik tanpa emisi.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES