LOGO
,

Detail Terbaru Prosesor AMD APU Generasi Empat, Kaveri!

Meskipun prosesor AMD APU baru menginjak generasi kedua, kabar seputar produk penerusnya terus saja bergulir. Tidak hanya kabar mengenai prosesor AMD APU generasi ketiga yang direncanakan keluar pertengahan tahun ini, kabar mengenai prosesor AMD APU generasi keempat pun tidak ingin ketinggalan muncul di dunia maya. Prosesor AMD APU generasi keempat ini memiliki codename Kaveri dan direncanakan akan dirilis pada tengah tahun pertama tahun 2014.

Saat ini memang belum banyak informasi yang bisa didapatkan mengenai prosesor AMD APU Kaveri ini. Beberapa informasi yang berhasil kami kumpulkan adalah Kaveri akan menggunakan unit CPU berbasiskan arsitektur Steamroller B dengan proses fabrikasi 28 nm. Dahulu sempat dikabarkan bahwa Steamroller akan meninggalkan desain modular seperti Bulldozer dan Piledriver. Akan tetapi jika melihat beberapa slide presentasi yang beredar Steamroller tetap akan menganut desail modular dimana dalam setiap modul tetap memiliki 2 buah core INT (integer) dan sebuah core FPU (floating point unit). Meskipun begitu, seharusnya Steamroller memiliki performa komputasi per-clock jauh lebih baik dibandingkan pendahulunya.

Prosesor AMD APU Kaveri juga dikabarkan akan menggunakan unit GPU Sea Island seperti graphics card add-on Radeon seri HD 8000. Melihat waktu perkiraan waktu peluncuran Kaveri di 2014 dan Sea Island pada tahun 2013 hal tersebut memang mungkin dilakukan. Penggunaan unit GPU Sea Island tentu saja mengundang rasa ingin tahu kami akan performa sebuah graphics card terintegrasi nantinya. Jika graphics card terintegrasi akan semakin bertenaga seperti sudah terlihat di Trinity dan Llano, membeli graphics card add-on kelas entry-level tampaknya bukan lagi menjadi pilihan menarik lagi di masa depan.

AMD memang masih memiliki jalan panjang untuk mengembangkan APU Kaveri agar memiliki performa bersaing dengan prosesor Intel dimasanya. Saat ini memang masih banyak hal yang masih belum jelas mengenai APU Kaveri ini seperti tipe soket prosesor ataupun tipe maupun konfigurasi memori yang akan digunakan nantinya. Semoga saja harganya memang sepadan dengan performa yang ditawarkan.

Random Articles
Back to Top