LOGO
,

Di Masa Depan, Daging Potong Bisa Didapat dengan Teknologi 3D Printing

Teknologi 3D printing yang sudah dimulai sejak tahun 1980an mulai merambak dunia modern saat ini. Berbagai konsep dan fasilitas 3D printing telah diperkenalkan kepada masyarakat umum, seperti pada konsep 3D printing obat-obatan, mainan, mobil atau bahkan senjata api. Hanya sampai di situ sajakah perkembangannya? Ternyata konsep 3D printing ini dapat digunakan untuk mencetak makanan. Modern Meadow memperkenalkan konsep 3D printing untuk daging mentah yang dapat dimakan.

Berdasarkan berita yang kami sadur dari BBC News, proses 3D bio-printing ini menggunakan konsep yang digunakan oleh para ahli ilmiah dalam mencetak organ buatan. Hanya saja, tentunya proses cetak tidak akan menggunakan plastik seperti pada 3D printing umumnya, tetapi menggunakan sel stem khusus untuk membuat daging lapisan demi lapisan dengan pipa semprot berisikan sel tersebut.

Terdengar remeh, tetapi peneliti konsep 3d bio-printing ini menyatakan bahwa konsep ini jauh lebih sulit dan menantang secara proses karena mereka bermain-main dengan sel hidup. Jika mereka hendak membuat sebuah potongan daging mentah utuh yang dapat dikonsumsi, tentunya mereka harus menggunakan sel hidup dan berusaha agar sel tersebut tetap hidup ketika proses cetak dimulai.

 

Profesor Gabor Forgacs, co-founder dari Modern Meadow, juga menyatakan bahwa dengan teknologi bio-printing ini, mereka dapat mengurasi biaya lebih yang dibutuhkan untuk area agrikultural, di mana ongkos untuk mengurus peternakan sapi potong tidaklah murah untuk dapat membuat para sapi dan hewan ternak lainnya menjadi daging konsumsi yang dapat dimakan.

Untuk saat ini, konsep 3D bio-printing pembuat daging mentah belum sepenuhnya dapat diaplikasikan untuk kehidupan nyata. Untuk dapat meneliti dan mewujudkan konsep ini, membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan memakan banyak waktu. Namun tidaklah mungkin jika di masa depan, konsep 3D bio-printing ini dapat terlaksana sehingga masyarakat dapat menikmati makanan daging yang bukan berasal dari hewan ternak potong.

Random Articles
Back to Top