LOGO

Easy Overclocking Intel Core i7-3770K dengan ECS Z77H2-A2X ‘Golden Board’

Part: 1 2 3 4

ECS Z77H2-A2X Features

Qooltech IV

Kiri : suhu permukaan chipset 31C , Kanan : suhu permukaan chipset 45C

ECS Qooltech IV merupakan sebuah fitur yang diberikan ECS untuk memudahkan penggunanya untuk melihat suhu komponen pada motherboard melalui sebuah lapisan thermochromic yang akan berubah warna ketika suhunya naik, seperti yang bisa anda liat diatas.

Pada Z77H2-A2X, lapisan ini terdapat pada bagian chipset Z77. Kami sebenarnya sedikit berharap bahwa indikator suhu ini juga diletakkan pada heatsink VRM(voltage regulator module), karena bagian VRM-lah yang biasanya cukup ‘tersiksa’ ketika kita melakukan overclocking pada CPU.

 

Voltage Check Point

Selain POST-code LED dan tombol Power/Reset pada motherboard, ada satu fitur ekstra yang disematkan pada Golden Board ini, yakni tempat pengukuran voltase (voltage check point). Fitur ini cukup menarik perhatian kami karena biasanya hanya terdapat pada motherboard khusus overclocking kelas high-end.

ECS memberikan poin pengukuran untuk Voltase CPU(VCore), VDimm, IMC Voltage, PCH Voltage, serta AXG Voltage.

 

BIOS – Voltage Range

Salah satu hal yang pasti diperhatikan para overclocker sebelum melakukan overclocking adalah seberapa jauh opsi tegangan yang disediakan di BIOSnya. Dalam hal ini ECS Z77H2-A2X memiliki rentang voltase yang lebih dari cukup, bahkan untuk melakukan overclocking ekstrim sekalipun.

Namun agak disayangkan bahwa hampir semua jenis tegangan pada BIOS ECS ini bersifat ‘offset’ (kecuali CPU VCore pada mode Ignore SVID)yang berarti  semua nilai voltase tersebut merupakan ‘penambahan’ dari voltase awalnya,yang kadang tidak kita ketahui. Untungnya ECS memberikan poin untuk mengukur voltase, sehingga jika anda ragu-ragu dengan nilai voltase yang anda sudah set sebelumnya, anda tinggal mengukur voltase tersebut menggunakan Digital Multimeter(DMM).

 

Utiliti Overclocking : eOC

Sebuah motherboard tanpa software utility overclocking yang baik tidaklah terasa lengkap. Untuk kebutuhan tweaking / fine-tune berbagai parameter overclocking , ECS memberikan sebuah utility bernama eOC. Software ini memberi opsi untuk mengubah berbagai variabel sistem di OS. Sayangnya, software ini tidak menyertakan opsi pengubahan CPU Multiplier.

Part: 1 2 3 4
Random Articles
Back to Top