Hands-on Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint 2013

Reading time:
January 9, 2013

Microsoft Indonesia kembali memamerkan kebolehan fitur-fitur Office 2013 pada Selasa (8/1) di kantor Microsoft Indonesia, BEJ, Jakarta. Berbeda dengan pertemuan sebelumnya, kali ini Microsoft mengajak sejumlah media untuk merasakan langsung pengalaman menggunakan software produktivitasnya tersebut.

Microsoft Word 2013

Screenshot 7

Sebenarnya tidak ada perubahaan signifikan di tampilan utama jika dibandingkan dengan versi sebelumnya. Namun, versi ini mendapat tambahan template, serta kemampuan untuk memasukkan gambar, video, dan aplikasi online ke dalam dokumen. Begitu pula dengan kemampuan membuka dan langsung mengedit dokumen PDF di Word.

Screenshot 2

Proses memasukkan gambar pun terjadi dengan lebih mudah melalui bantuan fitur Live Layout. Pengguna bisa menggeser gambar di sela-sela paragraf dan setiap kata dalam paragraf tersebut akan bergeser secara otomatis, mengikuti pergerakan gambar. Word juga akan menampilkan garis panduan ketika penempatan gambar sudah sejajar dengan tulisan ataupun batasan pinggir dokumen.

Mengikuti tren cloud computing yang memaksimalkan mobilitas dan produktivitas kerja, dokumen Word kini dapat langsung disimpan ke cloud. Tidak hanya itu, pengguna juga bisa langsung melansir dokumen tersebut ke blog pilihannya dari halaman Word.

Screenshot 1

Microsoft juga memperbarui tampilan Track Change dan Comment dalam Word 2013. Foto pengguna kini terpampang di bagian komentar dan editor lain bisa membalas komentar tersebut sehingga memudahkan proses kolaborasi. Dalam kondisi Track Change menyala, sebuah garis merah akan muncul di sebelah kiri kalimat yang diedit. Pengguna bisa melihat perubahan yang dilakukan hanya dengan mengklik garis tersebut.

Screenshot 4 Screenshot 3

Penambahan dan perubahan tersebut dilakukan untuk memudahkan, serta merapikan tampilan dokumen Word. Untuk memudahkan proses membaca, Microsoft pun menawarkan Read Mode. Ketika dokumen secara tidak sengaja tertutup, pengguna dapat membuka kembali dokumen tersebut. Lalu, Word akan memberikan pilihan untuk melompat ke halaman terakhir sebelum dokumen tertutup atau membaca ulang dari halaman teratas.

Microsoft Excel 2013

Screenshot 13

Kemudahaan penggunaan juga dibawa Microsoft ke Excel 2013. Salah satunya dengan kehadiran fitur Flash Fill. Fitur tersebut mampu memprediksi materi yang akan ditulis pengguna di kolom tertentu.

Screenshot 14

Arthur Renaldy, Solution Specialist di Microsoft Indonesia, mencontohkan cara kerja fitur tersebut dengan menuliskan sejumlah nama panjang di kolom pertama, kemudian usia di kolom kedua. Di baris pertama kolom ketiga, Arthur hanya menuliskan nama depan orang pertama di kolom sebelumnya dan Excel langsung menampilkan prediksi pengisian nama di baris-baris berikutnya.  Dari hasil percobaan, fitur ini bekerja dengan baik ketika masing-masing kolom setidaknya terisi hingga empat baris atau lebih.

Screenshot 18

Screenshot 23 Untuk membuat tabel atau grafik, pengguna hanya perlu meng-highlight tabel yang tersedia. Di bagian kanan bawah tabel akan muncul sebuah kotak dengan ikon grafik yang menyediakan beragam pilihan format, bagan, tabel, dan formula. Excel bahkan menyediakan fitur Recommended Charts di bagian Insert yang menyuguhkan tiga pilihan grafik terbaik. Pengguna juga dapat mengubah warna, serta menambahkan sejumlah informasi ke dalam grafik tersebut.

Screenshot 30

Microsoft PowerPoint 2013

Seperti yang sudah dijelaskan dalam artikel sebelumnya, PowerPoint 2013 dilengkapi fitur presentation view. Kehadiran fitur tersebut memudahkan pengguna dalam menyampaikan presentasi. Layar presentasi menampilkan slide, sedangkan layar pengguna juga menampilkan jajaran slide selanjutnya, serta kemampuan zoom dan jump to slide tanpa mengganggu proses presentasi.

Screenshot 67

Microsoft turut menyertakan lebih banyak ragam theme. Warna masing-masing theme pun dapat diubah sesuai keinginan pengguna. Ukurannya pun sekarang sudah dioptimalkan untuk layar widescreen dengan aspect ratio 16:9. Namun, pilihan untuk tampilan 4:3 juga masih tersedia.

Screenshot 37 Screenshot 39

Sama seperti dalam Word 2013, PowerPoint akan menampilkan garis panduan ketika pengguna ingin memasukkan beragam gambar ke dalam slide. Dengan demikian, pengguna dapat dengan mudah memasukkan gambar dan bentuk dengan rapi.

Screenshot 51
Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…
March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…