LOGO
,

Hands-On Review PC Cooler M160: Solid dengan Bahan Alumunium

 

 

Penggunaan notebook dalam jangka waktu yang panjang terkadang dapat mengubah fungsi perangkat tersebut, Anda bisa menggunakan perangkat notebook sebagai sebuah mesin penghangat tangan! Jika Anda mengoperasikan notebook dalam jangka waktu yang lama, maka komponen dalam perangkat tersebut akan bertambah panas. Tentu saja hal tersebut dapat menurunkan tingkat kenyamanan penggunaan notebook.

Hal tersebut bisa dihindari dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan melengkapi notebook Anda dengan sebuah perangkat cooling pad. Biasanya, perangkat cooling pad untuk notebook berbentuk lempengan yang disertai dengan satu atau beberapa kipas di bagian bawahnya. Selain berguna untuk menurunkan panas notebook, sebuah cooling pad dapat digunakan untuk memperbaiki posisi mengetik. Caranya mudah, Anda tinggal mencari atau mengatur sudut kemiringan cooling pad yang dirasa paling pas.

d

 

PC Cooler M160 adalah salah satu dari banyak cooler notebook yang dapat Anda temukan di pasaran saat ini. Perangkat ini dilihat dari  konstruksi dan bahan yang digunakan bisa di katakan solid. Penggunaan bahan alumunium yang di-finishing dengan warna hitam matte membuat cooling pad ini terlihat mewah dan menarik. PC Cooler M160 tidak hanya di tawarkan dengan warna hitam saja tetapi juga di tawarkan dengan warna silver matte. PC Cooler M160 ini tidak memberikan optional untuk merubah sudut kemiringan tetapi sudut yang diberikan cukup nyaman digunakan dan tidak menimbulkan lelah bila digunakan dalam jangka panjang menurut kami.

Untuk menggunakan cooling pad ini, kipas berukuran 120mm memerlukan pasokan daya listrik yang diambil dari port USB di notebook Anda. Dengan diambilnya satu port USB tersebut untuk menjalankan kipas, Anda akan mendapatkan gantinya port USB pada bagian kiri cooling pad tersebut. Tombol on/off juga tersedia untuk mematikan kipas pada cooling pad tersebut.

tampak kiri, tombol on/off dan port USB

 

tampak kanan

Hembusan kipas yang diberikan cukup kencang dan suara yang di hasilkan oleh kipas tidak terlalu bising, sehingga tidak akan menggangu pendengaran Anda. Dimensi dari PC Cooler M160 tidaklah terlalu besar, tetapi Anda tetap dapat meletakkan notebook dengan ukuran layar 15″ di atasnya dengan baik. Cara pengambilan udara untuk notebook Anda pada perangkat ini juga cukup baik, kipas akan mengambil udara segar langsung dari bawah dan dihembuskan langsung pada bagian bawah notebook Anda dan lubang udara yang diberikan juga cukup besar sehingga aliran udara akan berjalan dengan baik.

Kami menggunakan sebuah thermometer yang dilengkapi dengan kabel untuk menguji kinerja PC Cooler M160. Dari hasil yang kami dapatkan, notebook mengalami penurunan suhu sebanyak 3 derajat celcius pada bagian bawah notebook untuk penggunaan aplikasi harian.

Kesimpulan

Bila Anda memerlukan sebuah cooling pad yang dapat mendinginkan notebook Anda dengan baik, maka PC Cooler M160 dapat diandalkan. Kipas berukuran 120 mm cukup dapat memberikan hembusan angin yang maksimal dan tidak terlalu menimbulkan suara yang menggangu Anda ketika Anda sedang berkerja. Kisi-kisi angin untuk memasok udara segar dan meniumpkan angin untuk mendinginkan notebook mempunyai lubang yang cukup besar sehingga tidak menggangu aliran udara.

Sudut yang di bentuk pada cooler ini juga pas menurut kami walaupun sayangnya tidak dapat di diatur kemiringannya. Bahan dan konstruksi yang solid juga cukup kuat untuk menahan notebook dengan ukuran layar 15″.

Dimensi (mm) 339 x 294 x 49
Berat 867
Voltage 5 VDC
fan Speed (RPM) 900
Air Flow (CFM) 68.3CFM
Noise Level 20dBA
Bearing Type Hydraumatic
Random Articles
Back to Top