LOGO
,

Inilah Spesifikasi Prosesor AMD APU Richland

Meskipun baru akan diluncurkan dalam waktu beberapa bulan ke depan, berita perkembangan prosesor AMD APU Richland terus saja muncul di dunia maya. Setelah pada berita sebelumnya kita mendapatkan kejelasan mengenai varian prosesor AMD APU Richland, kali ini kami kembali mendapatkan berita menarik lainnya mengenai spesifikasi yang kemungkinan akan digunakan pada varian yang sudah terungkap sebelumnya. Berikut spesifikasi lengkap prosesor AMD APU Richland.

Richland VS Trinity clock speed comparison

Seperti Trinity, prosesor AMD APU Richland akan hadir dalam varian dual-core dan quad-core. Nilai TDP pun tidak berbeda yaitu 100 Watt dan juga 65 Watt. Bahkan nilai L2 chace juga hadir dengan ukuran tidak berbeda yaitu 4 MB untuk model quad-core dan 1 MB untuk varian dual-core. Salah satu perbedaan yang langsung terlihat pada Richland adalah prosesor AMD APU generasi ketiga ini dilengkapi clock lebih tinggi pada CPU maupun GPU.

Jika Anda perhatikan baik-baik, seluruh varian prosesor AMD APU Richland akan menggunakan clock speed CPU dikisaran angka 4 GHz. Terlihat pula bahwa AMD melakukan peningkatan clock speed CPU hingga sebesar 400 MHz untuk varian sekelas antara Richland dan Trinity. Dengan penggunaan arsitektur CPU yang sama dengan Trintiy yaitu Piledriver, tampaknya menaikkan clock speed menjadi salah satu cara AMD dalam menawarkan performa CPU lebih baik pada Richland. Sejauh mana perbedaan performa CPU antara Trinity dan Richland dengan selisih clock speed sebesar itu? Meskipun begitu peningkatan clock speed tersebut ternyata tidak membuat nilai TDP prosesor berubah.

Dibandingkan clock speed CPU, clock speed GPU ternyata hanya mengalami peningkatan di bawah 100 MHz. Meskipun begitu, berbeda dengan CPU, GPU AMD APU Trinity dikabarkan akan menggunakan arsitektur baru yaitu GCN. Arsitektur baru biasanya menawarkan performa komputasi grafis lebih baik pada clock speed yang sama. Seperti prosesor AMD APU sebelumnya, tampaknya performa GPU akan sangat dipengaruhi oleh clock speed memori sistem.

Dengan spesifikasi tersebut tentu saja membuat kami penasaran akan performa dan juga harga yang akan ditawarkan nantinya. Semoga saja harga yang ditawarkan akan sama menariknya dengan performanya dan mampu bersaing dengan produk sejenis milik Intel.

Random Articles
Back to Top