LOGO
,

Intel Mengubah Definisi Ultrabook

Ultrabook adalah standard yang diciptakan Intel untuk mendefinisikan genre baru dari notebook yang menggunakan prosesor milik mereka. Agar sebuah produk dapat dikategorikan sebagai ultrabook ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Beberapa diantaranya berkaitan dengan jenis prosesor yang digunakan, ukuran dari notebook sendiri dan minimum battery life.

Untuk menyambut kedatangan prosesor Haswell yang diperkirakan kurang lebih pertengahan tahun 2013, Intel mengubah definisi Ultrabook (yang nantinya akan menggunakan prosesor baru ini) dengan menambahkan beberapa kriteria baru. Jika sebelumnya waktu minimum battery life yang harus dicapai adalah 5 jam, maka sekarang waktu itu dinaikan menjadi 8 jam.

Kriteria lainnya adalah wajib hadirnya fitur multitouch. Ini mengisyaratkan bahwa kedepannya semua Ultrabook harus menggunakan layar sentuh. Jika diperhatikan terlihat bahwa kriteria diatas diperkenalkan Intel dalam rangka memaksimalkan fitur yang hadir pada Windows 8. Sudah bukan rahasia lagi kalau iterasi Windows terbaru ini sangat dioptimasi untuk perangkat yang menggunakan layar sentuh.

Satu lagi fitur yang ditambahkan Intel kedalam daftar kriteria sebuah Ultrabook adalah hadirnya fitur WiDi. WiDi yang merupakan singkatan dari Wireless Display dari Intel adalah fitur yang memungkinkan Anda menampilkan gambar pada device-device yang kompatibel dengan fitur ini. Dengan dianutnya fitur ini, tentunya akan mempermudah pengguna ketika harus menghubungkan Ultrabook mereka ke TV layar besar atau bahkan proyektor karena tidak akan lagi terganggu dengan kabel.

 

Tentunya dengan hadirnya fitur-fitur baru diatas pasti akan membuat harga Ultrabook menjulang tinggi. Tetapi menurut Intel hal berlawanan yang akan terjadi. Diperkirakan tahun 2013 ini , lebih dari separuh notebook yang dijual adalah Ultrabook (paling tidak itulah yang diperhitungkan Intel). Seiring naiknya angka penjualan maka Intel berharap harga Ultrabook makin lama akan makin murah. Dengan perhitungan tersebut Intel mengharapkan Ultrabook yang menggunakan standard baru ini akan dijual dikisaran dimulai di USD $ 599.

Apakah standard baru Ultrabook ini akan sukses dipasaran? Akankah harga Ultrabook seiring waktu akan lebih bersahabat bagi kantong seperti harapan Intel? Hanya waktulah yang bisa membuktikan.

Sumber : Fudzilla

Random Articles
Back to Top