LOGO
,

Intel Segera Hadirkan Prosesor Ivybridge-E dengan 12 Core!

Berbagai berita mengenai kehadiran prosesor Intel Core I series generasi ke-4 atau dikenal juga dengan sebutan Haswell sudah beredar informasinya sejak beberapa bulan lalu, dan tidak mengherankan memang jika banyak sekali yang menantikan kehadiran prosesor Intel terbaru ini karena dipastikan prosesor Intel generasi ke-4 ini akan menghadirkan performa (overclockability) dan efisiensi kinerja yang lebih baik dari generasi sebelumnya.

Haswell memang akan menjadi sangat menarik bagi sebagian besar kalangan pengguna PC, tetapi bagaimana untuk para pengguna Enthusiast dan Extreme user pada tahun 2013 ini? Dari Roadmap Intel terbaru yang bocor dibeberapa website luar, ditunjukkan bahwa pada akhir 2013 nanti Intel dijadwalkan akan meluncurkan prosesor flagship-nya yang akan menggantikan SB-E (Sandybridge-E) tahun lalu yaitu Ivybridge-E dengan jumlah inti hingga 12 core.

Prosesor Ivybridge-E yang ditujukan untuk para pengguna High End Desktop (HEDT) ini, masih memiliki compatibility dengan motherboard X79 (LGA2011) yang sama seperti Sandybridge-E dengan dukungan Quad Channel Memory Controller. Diperkirakan prosesor ini akan bekerja pada TDP yang setingkat dengan SB-E tahun lalu, namun tentu saja dengan peningkatan efisiensi berkat penggunaan fabrikasi terbaru 22nm dengan Tri-Gate transistor.

Untuk performa Overclockability diharapkan Intel tidak lagi menggunakan IHS “murahan” seperti pada prosesor Ivybridge-nya saat ini yang menyebabkan panas berlebihan dan overclockability pun akan berkurang, dengan meluncurkan Extreme Graded prosesor ini Intel harus memperbaiki kekurangannya agar tidak mengecewakan para Enthusiast dan Extreme user.Belum ada detail spesifikasi lengkap mengenai prosesor kelas Extreme terbaru Intel ini, namun diyakini penamaan prosesor Ivy-E ini antara lain: Core i7-4930, Core i7-4960, Core i7-4970 dan Core i7-4990 dengan jumlah penggunaan prosesor yang dimiliki berkisar dari 6 sampai 12 core pada kelas tertingginya.

Selain Ivy-E Intel juga akan merilis SB-E Core-i7 3980X pada kuartal 2 2013 dengan jumlah 8 core, dibandingkan SB-E sebelumnya i7-3960X yang hanya memiliki 6-core saja setara dengan Gulftown i7-980X, SB-E Core i7-3980X ini akan menjadi prosesor konsumer (non-server) pertama dengan jumlah 8 core pertama dari Intel.

Sumber

Random Articles
Back to Top