in: News | January 16, 2013 | by: Ernest Dimitria

Keyboard QWERTY dan Layar Sentuh, Wujud Smartphone BlackBerry 10 Muncul Lagi

Selama satu dekade lebih, keyboard QWERTY telah menjadi bagian penting dari desain smartphone BlackBerry. Kenyamanan dan kecepatan mengetik, khususnya dalam aplikasi messenger dan email, merupakan nilai plus yang mereka miliki dibanding kompetitornya.

RIM tampaknya tidak ingin meninggalkan kekhasan desainnya tersebut. Di tengah persaingan pasar yang semakin mengarah ke desain smartphone dengan layar sentuh penuh, RIM masih menghadirkan keyboard QWERTY ke dalam salah satu prototipe smartphone BlackBerry 10.

Smartphone tersebut adalah X10 yang merupakan bagian dari smartphone BlackBerry 10 seri N. Desain keyboard yang biasa ditemukan di seri Bold digunakan dalam smartphone tersebut. Namun, kehadiran tombol fisik di X10 hanya sebatas keyboard QWERTY saja. Tidak ada tombol mengangkat dan menutup telepon, serta menu, back, dan track pad. Menavigasi menu dapat dilakukan langsung di layar sentuh.

Bagi konsumen yang lebih memilih smartphone BlackBerry 10 dengan layar sentuh penuh, RIM menyiapkan Z10. Smartphone yang satu ini memiliki layar 4,2 inci dengan resolusi 1280 x 768 pixel, kamera 8 megapixel dengan flash, prosesor dual-core 1,5 GHz, kapasitas RAM 2 GB, dan ruang penyimpanan internal sebesar 16 GB.

Kedua smartphone tersebut kabarnya akan meramaikan acara peluncuran BlackBerry 10 pada akhir bulan ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES