in: Popular Science | January 10, 2013 | by: Friska Suryawinata

Minumlah Cokelat Panas dengan Gelas Jingga

Dengan gelas yang seperti apa biasanya Anda meminum sesuatu? Sebagian orang mungkin akan menggunakan gelas dengan warna yang standar seperti putih atau mungkin hitam. Di Eropa, terdapat fakta unik mengenai warna gelas yang digunakan orang untuk meminum cokelat panas. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh para peneliti di Eropa, sebagian besar subyek yang terlibat mengatakan bahwa minuman cokelat hangat terasa lebih enak dan nikmat menggunakan gelas atau mug berwarna jingga.

Studi tersebut melibatkan 57 orang untuk mencicipi minuman cokelat hangat dengan 4 jenis gelas. Semua gelas tersebut memiliki bentuk dan bahan yang sama, tetapi keempat gelas itu memiliki warna yang berbeda yaitu warna putih, merah, krem dan jingga. Kelima puluh tujuh orang tersebut mengatakan bahwa rasa cokelat panas yang terdapat pada gelas berwarna jingga terasa lebih enak dibandingkan dengan di gelas lainnya.

Warnanya tidak memiliki pengaruh secara fisik maupun kimia terhadap cokelat panas tersebut, namun kinerja otak manusia lah yang memberikan persepsi terhadap warna tersebut. Berdasarkan Betina Piqueras-Fiszman seorang peneliti dari Spanyol, otak memberi kesimpulan bahwa warna yang berbeda memberikan tingkat rasa dan kenikmatan yang berbeda juga. Studi ini juga didukung dengan penelitian lain yang menyatakan bahwa warna kuning pada kemasan “memperkuat” rasa lemon, atau warna biru pada minuman dapat melepas dahaga lebih banyak ketimbang warna merah karena warna biru memberikan kesan “sejuk”.

Bagaimana dengan Anda? Di cuaca Ibu Kota yang semakin dingin karena musim hujan ini pastinya akan memberi kenikmatan sendiri untuk beraktivitas sambil ditemani secangkir minuman hangat. Jika Anda berencana untuk meminum cokelat panas juga, jangan lupa untuk menggunakan gelas berwarna jingga untuk membuatnya terasa nikmat!

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES