LOGO
,

NVIDIA GeForce Selanjutnya Adalah “GeForce Titan” Berbasis GPU GK110?

Akhir tahun lalu NVIDIA merilis graphics card Tesla K20 yang ditujukan untuk penggunaan “SuperComputer” seperti salah satunya yang sudah digunakan di Oak Ridge National Laboratory. Graphics card Tesla ini menggunakan 15 SMX dengan total 2880 CUDA Cores (Stream Processor) yang jika dibandingkan dengan graphics card terkencang milik NVIDIA saat ini yaitu GTX 680, graphics card SuperComputer ini memiliki “Raw Power” yang hampir mendekati dua kali lipat GTX 680 yang beredar saat ini yang hanya memiliki 1536 CUDA Cores.

Berbagai rumor pun beredar, disebutkan jika graphics card kelas consumer mendatang milik NVIDIA yaitu GeForce GTX 700, masih akan menggunakan GPU berbasis Kepler 28nm, dan rumor lainnya menguatkan jika GPU GK110 pada graphics card Tesla yang telah dirilis akhir tahun lalu tersebut akan menjadi flagship terbaru GeForce GTX 700 selanjutnya.

Dan pada awal tahun 2013 yang memang sangat sepi akan kehadiran graphics card terbaru, terdapat rumor terbaru mengenai kehadiran GeForce GTX generasi ke-7 ini. Kembali dikuatkan rumor sebelumnya yang menyebutkan bahwa GTX 700 kelas tertinggi nantinya akan menggunakan GPU GK110 yang sama seperti Tesla K20, namun dengan kemungkinan pengurangan satu atau dua SMX agar proses produksi (yield) yang lebih baik.

15 SMX pada Tesla K20 dengan total 2880 CUDA Cores.

“GeForce Titan”, adalah nama atau kode yang disebut-sebut sebagai penerus GeForce Kepler generasi tahun lalu. Jika rumor yang disebutkan akurat, GeForce Titan ini akan memiliki total 2496 CUDA Cores, dengan asumsi sama seperti Tesla K20 yang menggunakan memory bandwidth 384-bit dengan ukuran 6 GB. Bagaimana dengan harganya? Diperkirakan graphics card terkencang milik NVIDIA selanjutnya ini akan diberikan MSRP US$899. Pantaskah? Mari kita tunggu saja kabar selanjutnya.

Random Articles
Back to Top