LOGO
,

NVIDIA Tegra 4 Menggunakan Clock Frekuensi Sekitar 2GHz

Berbagai berita mengenai kehadiran prosesor SoC dari NVIDIA untuk platform mobile gadget generasi ke-4 atau disebut juga dengan Tegra 4, memang sudah menghiasi berbagai website IT di internet belakangan waktu ini. Dan pada ajang CES kemarin, NVIDIA secara resmi mengumumkan prosesor SoC Tegra 4 ini kepada publik, dan yang mengejutkannya juga ternyata diam-diam NVIDIA memiliki secret project bernama SHIELD, yaitu console portable pertama dari NVIDIA berbasiskan Android yang akan menggunakan SoC Tegra 4.

Pada acara peluncuran Tegra 4 tersebut NVIDIA memberikan detail keunggulan prosesor tersebut, seperti salah satunya Tegra 4 ini diklaim memiliki performa 2,6 kali lipat kencang dibandingkan prosesor generasi sebelumnya. Dan untuk performa graphics, NVIDIA Tegra 4 akan dilengkapi GPU dengan jumlah CUDA Cores sebanyak 72 buah dengan kemampuan 6 kali lipat GPU pada Tegra 3. Tapi dari penjelasan spesifikasi tersebut, NVIDIA belum menyebutkan prosesor Tegra 4 ini akan berjalan pada clock frekuensi berapa GHz.

Bentuk die dari Tegra 4 (kiri) dibandingkan dengan die Icera i500 (kanan).

Salah satu sumber dari Fudzilla mengatakan bahwa prosesor yang menggunakan Quad Core A15 dengan satu Companion Core A7 ini akan berjalan setidaknya pada frekuensi sekitar 2GHz. Dikonfirmasikan bahwa NVIDIA sudah mengirimkan revisi paling akhir dari Tegra 4 ini sebagai sampel, dan revisi final sedang dalam tahap penyelesaian. Dalam pemberian clock frekuensi final ini, NVIDIA harus menunggu proses produksi secara keseluruhan.

Partner NVIDIA yang nantinya akan memproduksi tablet maupun smartphone menggunakan prosesor Tegra 4 ini, saat ini sedang menyiapkan dari segi desain dan feature yang nantinya akan disediakan, dan mungkin kita sudah bisa melihat produk berbasiskan Tegra 4 ini pada kuartal satu akhir atau kuartal dua tahun ini. Kompetisi yang akan dihadapi NVIDIA pada tahun 2013 ini antara lain Qualcomm dengan Krait dan Samsung dengan Exynos yang seluruhnya menggunakan solusi Arm Cortex A15, mari kita lihat saja siapa yang bisa memberikan solusi price performance dan watt terbaik.

Random Articles
Back to Top