LOGO
,

Penamaan AMD Untuk GPU HD 8000 “Sea Islands” dan “Solar System” Terkuak

Setelah sebelumnya tersebar kabar mengenai berbagai informasi dari graphics card AMD generasi terbaru yaitu HD 8000 series pada sebuah notebook yang disebut-sebut dengan kode nama “Solar System”, menyebabkan sedikit kebingungan dimata para pembaca kabar di internet yang membedakan Solar System ini dengan GPU AMD yang memiliki kode nama “Sea Islands” jauh sebelum istilah “Solar System” muncul kepermukaan. Sebuah website diluar yaitu 3DCenter.org memberikan penjelasan informasi nama lengkap dari jajaran GPU “Sea Islands” dan “Solar System” yang akan dihadirkan AMD pada tahun 2013 ini.

Tentu saja yang membedakan antara GPU Sea Islands dan Solar System adalah platform yang digunakannya. Apabila Sea Islands akan menjadi GPU pada graphics card discrete (terpisah) pada platform desktop yang menjadi penerus Radeon HD 7000 series, sedangkan Solar System akan menjadi GPU didalam platform mobile/notebook gaming atau mungkin kita bisa melihatnya juga pada produk All in One PC ataupun Nettop dengan ukuran mungil.

Berikut nama-nama varian GPU “Sea Islands” dan “Solar System” yang terkuak di internet.

Sea Islands

Jajaran graphics card penerus Radeon HD 7000 series saat ini akan menggunakan nama yang diambil dari nama-nama pulau tropis.

  • Oland: Graphics card kelas entry-level ini merupakan satu-satunya Radeon HD 8000 yang masih menggunakan teknologi arsitektur GCN seperti Radeon generasi sebelumnya. Dilengkapi dengan 384 Stream Processors, 24 TMU, 16ROPs, dan memory interface 128-bit. Oland ini mungkin akan menjadi Radeon HD 8500 dan HD 8600.
  • Bonaire: Graphics card dengan GPU ini akan menjadi graphics card kelas mainstream yang meneruskan “Cape Verde” HD 7700 generasi sebelumnya. Mulai dari seri ini dan keatasnya sudah akan mengadopsi teknologi arsitektur Graphics Core Next (GCN2). Bonaire ini mungkin akan menjadi Radeon HD 8700.
  • Hainan: Graphics card ini akan menjadi “Sweet Spot”/performance terbaru milik AMD yang meneruskan “Pitcairn” HD 7800 generasi sebelumnya. Tentu saja sudah mengadopsi teknologi GCN2, dan mungkin performa yang dimilikinya akan setara dengan graphics card kelas High End saat ini. Hainan ini mungkin akan menjadi Radeon HD 8800.
  • Curacao: Graphics card kelas inilah yang akan menjadi pembuktian gengsi AMD dengan “kubu hijau”, sebagai flagship graphics card single GPU terkencang yang selalu diperebutkan setiap tahunnya dan menjadi prestise untuk branding nama produk masing-masing kubu. Curacao ini akan menjadi penerus “Tahiti” HD 7900 generasi sebelumnya, menurut rumor yang pernah beredar beberapa waktu lalu graphics card ini akan memiliki performa 1,5x lipat lebih kencang dari GTX 680 saat ini. Benarkah? Kita lihat saja nanti.
  • Aruba: Diatas graphics card terkencang, biasanya terdapat versi dari Dual GPU dari graphics card terkencang tersebut. Aruba ini akan menggunakan sepasang GPU Curacao, semoga saja graphics card kelas paling tinggi ini akan bisa diwujudkan oleh AMD, mengingat New Zealand HD 7990 sebelumnya tidak pernah dirilis secara resmi oleh AMD, justru 3rd party dari TUL yang membuatnya.

Solar System

Sudah tidak menjadi berita baru lagi jika GPU Radeon mobile selalu tertinggal teknologinya jika dibandingkan dengan Radeon versi desktop, dan justru AMD memiliki kebiasaan untuk melakukan re-branding pada silicon kelas bawahnya. Namun pada GPU Radeon mobile yang menggunakan nama-nama planet di tata surya ini akan cukup menjanjikan.

  • Mars: GPU Mobile Radeon yang satu ini akan memiliki spesifikasi yang identik dengan GPU “Oland” pada Radeon versi desktop. Masih menggunakan teknologi arsitektur GCN, GPU Mars ini akan menjadi GPU kelas entry-level.
  • Sun: Berbeda dengan Mars yang masih menggunakan arsitektur GCN, pada GPU Sun ini sudah diadopsi teknologi GCN2. GPU ini memiliki spesifikasi yang menyerupai dengan GPU “Bonaire” pada versi desktop. GPU Sun ini akan menjadi GPU kelas mainstream.
  • Neptune: GPU ini akan memiliki spesifikasi yang mirip dengan GPU “Bonaire” namun dengan konfigurasi yang lebih tinggi lagi. GPU Neptune ini akan menjadi GPU kelas mainstream-performance.
  • Venus: Terakhir, GPU kelas paling tinggi untuk platform mobile ini akan memiliki spesifikasi yang setara dengan GPU “Hainan” pada versi desktop. GPU kelas performance ini akan memperkuat berbagai gaming notebook kelas atas nantinya.

Kemungkinan sebagian besar dari GPU-GPU AMD diatas sudah dapat kita lihat dipasaran pada kuartal 2-3 tahun ini.

Sumber

Random Articles
Back to Top