LOGO
,

Penamaan Baru Intel Untuk Lini Prosesor Intel Haswell Mobile Kelas High-End

Saat ini Intel mulai membagi lini prosesor mobile mereka ke dalam beberapa segmen yaitu seri Y, U, dan M. Seri Y yang belum lama ini diperkenalkan ke publik merupakan prosesor Intel dengan TDP sebesar 11,5 Watt. Sedangkan seri U merupakan prosesor Intel dengan TDP 15-25 Watt yang kini biasa ditemukan pada perangkat Ultrabook. Untuk prosesor Intel seri M terdiri dari prosesor dual/quad core dengan TDP sebesar 37, 47, atau 57 Watt dengan graphics card terintegrasi GT2.

Pada prosesor 22 nm “Haswell” mendatang, Intel akan memperkenalkan penamaan baru untuk prosesor kelas high-end mereka yaitu seri H. Prosesor Intel seri H akan berisi prosesor quad-core dengan TDP 37, 47, atau 57 Watt dengan graphics card terintegrasi GT3. Menurut perkiraan kami, salah satu prosesor tersebut akan memiliki skema nama seperti Core i7 4xxxH.

Sebagai produk kelas high-end, prosesor Intel seri H tentu akan ditujukan untuk perangkat komputasi mobile seperti mobile workstation atau notebook gaming. Dengan peruntukan seperti itu, kami bertanya-tanya mengapa prosesor Intel seri H dilengkapi GT3 yang dikabarkan sebagai graphics card terintegrasi paling bertenaga pada prosesor Intel dengan arsitektur Haswell. Tentu Anda tahu jika mobile workstation dan juga notebook gaming biasanya selalu disertakan sebuah graphics card add-on yang lebih bertenaga. Semoga saja dikemudian hari Intel akan mengeluarkan varian prosesor di bawah seri H yang dilengkapi graphics card tergintegrasi GT3.

Dengan perkiraan waktu rilis prosesor Intel Haswell pada tengah tahun nanti, prosesor Intel seri H ini diperkirakan baru akan hadir pada kuartal 3 2013. Untuk harga tidak perlu dipertanyakan lagi mengingat biasanya mobile workstation atau notebook gaming akan memiliki harga ribuan dolar.

Sumber

Random Articles
Back to Top