LOGO

Perjalanan Steve McCurry dan Roll Terakhir Kodachrome

Siapa yang tak kenal dengan Steve McCurry? Beliau adalah salah satu fotografer ternama dari National Geographic. Dia berkarir selama 30 tahun di dunia fotografi. Mulai dari era analog hingga digital. Sudah bukan rahasia lagi bahwa dia sangat senang menggunakan film tipe Kodachrome dari Kodak. Beberapa foto yang membuatnya terkenal diambil dengan film ini. Salah satunya adalah sebuah foto yang menggambar seorang anak wanita Afghanistan. Akhirnya Foto ini populer dengan nama “Afghan Girl”. Karya Steve McCury ini menjadi cover dari majalah National Geographic edisi Juni tahun 1985 dan menjadi ikon penggambaran kondisi Afghanistan pada saat itu.

Photo cover  ”Afghan Girl” yang membuat Steve McCurry Terkenal

Ketika tahun 2009 Kodak memutuskan untuk berhenti memproduksi salah satu film legendaris ini maka Steve meminta roll terakhir yang diproduksi oleh Kodak dan memutuskan untuk menggunakan film untuk mengambil 36 gambar terakhir yang akan diambil dengan film Kodachrome. Perjalanannya ini didokumentasikan oleh kru film dari National Geographic dalam sebuah film singkat yang bisa Anda saksikan dibawah ini.

Dalam tayangan diatas kita dapat melihat betapa cintanya Steve McCurry terhadap Kodachrome dan betapa sedinya dia ketika harus menekan shutter terakhir kali menggunakan film tersebut. Dia mencoba merangkum 36 gambar yang akan menutup sebuah era. Tak banyak fotografer yang masih menggunakan film, tetapi bukan berarti medium ini akan mati dan hilang ditelan waktu. Masih terdapat fotografer yang setia pada medium ini dan merasa medium ini adalah menjiwai esensi menjadi seorang fotografer.

 

Sumber : Petapixel

Random Articles
Back to Top