LOGO
,

Prosesor Intel Atom ‘ValleyView’ Janjikan Peningkatan Performa Grafis Tiga Kali Lipat

Kebutuhan akan performa tinggi dengan konsumsi daya rendah nampaknya menjadi perhatian utama dari berbagai produsen prosesor akhir-akhir ini, salah satunya adalah Intel dengan prosesor Atom-nya. Meski baru akan rilis sekitar Q1 2014 nanti, Intel sudah memberikan beberapa slide yang cukup mendetail mengenai Platform “Bay Trail” mereka yang akan dipersenjatai dengan next-gen Atom SoC(System on Chip) codename ValleyView.

Seperti yang bisa terlihat diatas, selain perpindahan dari 2-chip design menjadi Single-Chip design , prosesor Atom ‘ValleyView’ SoC memiliki beberapa perubahan signifikan dari Atom sebelumnya , misalnya saja :

  • Penggunaan proses fabrikasi 22nm dengan Tri-Gate seperti yang dimiliki Ivy Bridge
  • Quad Core x86 CPU, dengan eksekusi Out-of-Order, yang akan meningkatkan performa CPUnya sekitar 50-100%
  • Penggunaan Intel Gen7 Graphics, dengan dukungan ‘Burst Technology’ , API DX11 dan peningkatan performa 300% dari pendahulunya

(catatan : belum ada kabar pasti mengenai jumlah Execution Unit/EU maupun Clock dari Gen7 Graphics ini)

 

Rencananya, platform ‘Bay Trail’ akan ditawarkan dengan 3(tiga) macam konfigurasi : Bay Trail-T , Bay Trail-M, dan Bay Trail-D , seperti yang terlihat dibawah :

Melihat konfigurasi yang ditawarkan oleh Intel diatas, terlihat bila Platform Bay Trail-T(dengan prosesor Atom ValleyView-T) kemungkinan besar akan ditujukan untuk low-power mobile devices(Tablet?) dan akan menggantikan Platform Atom Clover Trail , sedangkan Platform Bay Trail-D/M akan menggeser Platform Atom Cedar Trail-D/M pada perangkat netbook/low-power Desktop.

Berikut dibawah ini adalah perbandingan singkat antara Platform Bay Trail-D/M dengan Cedar Trail-D/M :

*klik untuk memperbesar*

 

 

Rasanya menarik melihat berbagai ‘upgrade’ yang diberikan Intel terhadap Atom ValleyView SoC-nya, karena beberapa perubahan yang ada pada CPU ini memang cukup ‘menghebohkan’, sebut saja penggunaan tipe eksekusi out-of-order yang akan memberi performance boost cukup tinggi dibandingkan eksekusi in-order yang digunakan Atom masa kini, dan ingat juga bahwa Atom ValleyView mendukung konfigurasi hingga 4(empat) Core! Lalu penggunaan Intel ‘Gen7 Graphics’ yang dirumorkan setara dengan grafis terintegrasi pada Ivy Bridge , tentu performanya kemungkinan besar diatas grafis Intel GMA 3600-series ( PowerVR SGX545-based) yang digunakan platform Atom Cedar Trail saat ini.

Apakah Atom ValleyView akan berhasil mengubah paradigma bahwa prosesor Intel Atom adalah prosesor yang ‘lemah’? Sayang kita harus menunggu sampai awal 2014 untuk mengetahuinya.

Sumber : TPU

Random Articles
Back to Top