LOGO

[Review] Les Miserables: Drama Musikal yang Memilukan Hati

Kehadiran Les Miserables di industri film tahun ini tentunya merupakan kabar baik bagi para penggemar drama musikal. Bagi Anda yang tidak menyukai drama musikal dan merasa skeptis dengan film ini, bersiaplah penilaian awal Anda dihancurkan oleh penampilan prima para pemain, serta lagu dan cerita yang begitu memilukan hati.

Diambil dari novel historikal karya Victor Hugo, film ini berlatar di Prancis pada abad ke-19. Cerita diawali dengan pembebasan seorang narapidana bernama Jean Valjean (Hugh Jackman) yang mendekam di penjara selama 19 tahun. Karena statusnya sebagai mantan narapidana dan orang yang berbahaya, Valjean menemukan kesulitan dalam mencari pekerjaan dan tempat menginap. Sampai akhirnya ia bertemu dengan Bishop (Colm Wilkinson) yang mengubah hidupnya.

Delapan tahun kemudian, Valjean meraih kesuksesan, menjadi seorang wali kota dan pemilik pabrik. Namun, di balik kesuksesannya tersebut, sebenarnya Valjean telah lari dari masa percobaannya dan menjadi buronan yang terus dibuntuti oleh Inspektur Javert (Russell Crowe).

Di pabrik tersebut, Valjean bertemu dengan Fanine (Anne Hathaway), salah seorang pekerja yang dipecat akibat fitnah yang dilontarkan rekan-rekan kerjanya. Perasaan bersalah meliputi Valjean yang kemudian merawat dan membesarkan anak perempuan Fantine, Cosette muda (Isabelle Allen). Hidup dalam pelarian, keduanya menemukan beragam peristiwa menegangkan, seperti revolusi yang mempertemukan Cosette dewasa (Amanda Seyfried) dengan Marius (Eddie Redmayne).

Nyanyian-nyanyian yang memilukan hati dan performa prima para aktor

Film adaptasi garapan Tom Hooper ini mengalami perubahan drastis dibanding adaptasi pendahulunya pada 1998 silam. Hampir seluruh dialog dilakukan dalam nyanyian. Banyak di antara lagu yang ada dinyanyikan secara solo oleh Jackman, Hathaway, dan Crowe. Penampilan mereka pun dengan sukses menggugah emosi.

Setiap lagu yang dinyanyikan oleh Jackman seperti memberi landasan lebih kuat untuk perubahan yang dilakukannya dalam hidup. Sama halnya dengan nyanyian Crowe yang menjelaskan secara lebih mendetail mengenai alasan emosi di balik akhir kisah antara Valjean vs Javert. Namun, penampilan Hathaway termasuk yang paling memorable, khususnya ketika ia menyanyikan lagu “I Dreamed a Dream”. Adegan tersebut bagaikan siksaan emosional yang begitu dalam di paruh awal film.

Performa Jackman dan Crowe pun patut diperhatikan. Setelah lama melihat Jackman berperan sebagai mutan berwatak dingin dalam X-Men dan baru-baru ini Crowe bermain sebagai seorang pengembara misterius dengan ekspresi datar dalam The Man With the Iron Fists, film ini seakan menjadi lahan bermain yang tepat bagi keduanya untuk menunjukkan kelihaian aktingnya.

Di samping ketiga pemeran di atas, kehadiran Sacha Baron Cohen dan Helena Bonham Carter sebagai Thénardier dan Madame Thénardier menjadi tambahan yang menghibur. Begitu pula dengan Gavroche (Daniel Huttlestone), salah satu anak jalanan yang turut berperan dalam gerakan revolusi, yang tampil prima.

Meskipun dipenuhi nilai-nilai positif, film ini tentu juga memiliki kekurangan. Sayangnya, kekurangan tersebut justru berhubungan dengan eksekusi dialog dalam nyanyian yang tumpang-tindih satu sama lain. Beberapa kali terdapat adegan yang menampilkan dua karakter atau lebih yang menyanyikan dua lirik berbeda. Di bagian akhir lagu, keduanya bernyanyi dengan lirik yang sama sekali berbeda, tetapi dalam waktu yang bersamaan. Pesan yang disampaikan pun menjadi tumpang tindih dan sulit untuk dicerna secara langsung.

Selebihnya, film ini dapat dinilai sebagai salah satu karya terbaik Hooper. Tidak hanya menyajikan sebuah drama musikal yang indah, sutradara kelahiran Inggris itu juga berhasil menonjolkan kemampuan Jackman, Crowe, dan Hathaway yang sering kali tersembunyi di balik karakter-karakter a la superhero yang mereka emban belakangan ini.

Tanggal rilis
16 Januari 2013 (Jam regular, Indonesia)

Genre
Drama, Musikal

Durasi
157 menit

Sutradara
Tom Hooper

Pemain
Hugh Jackman, Anne Hathaway, Russell Crowe

Studio
Working Title Films

Random Articles
Back to Top