LOGO

Review Next Unit Of Computing (NUC) DC3217BY: HTPC Mungil Dari Intel

Part: 1 2 3 4 5 6 7

Beberapa waktu yang lalu kami pernah memberitakan kehadiran Next Unit Of Computing (NUC) dari Intel  dan kali ini produk tersebut telah mendarat ke lab pengujian kami. Penasaran untuk mengetahui lebih lanjut mengenai inovasi terbaru dari Intel ini? Silahkan simak review kami mengenai varian DC321BY dari hardware yang lebih sering disebut dengan singkatan NUC ini!

Next Unit of Computing adalah upaya Intel untuk memperkenalkan sebuah form factor baru ke pasaran. Intel sadar bahwa industri komputer mulai beralih menuju form factor yang semakin kecil tetapi bertenaga. Sebelumnya sistem dengan form factor kecil selalu dilengkapi dengan konfigurasi hardware yang cenderung lambat. Kali ini Intel mencoba memperkenalkan sebuah form factor baru yang cukup mungil tetapi performa yang cukup bertenaga. Tentunya ini cukup menggiurkan bagi mereka yang mendambakan sebuah Home Theatre Personal Computer (HTPC) dengan perfroma yang cukup bersaing.

NUC DC321BY

Spesifikasi

Klik Untuk Perbesar

Platform dengan tipe DC321BY merupakan varian NUC yang ditujukkan untuk pemakaian multimedia. Salah satu yang membedakannya dengan varian yang diperuntukkan untuk digital signage adalah tersedianya koneksi Thunderbolt pada model ini.

 

Varian NUC yang hadir dimeja pengujian kami mengusung prosesor Intel Core i3 3127U. Sejatinya prosesor yang digunakan NUC ini adalah tipe prosesor mobile yang ultra low voltage (ULV). Produk yang memiliki TDP maksimal 17 watt sudah menggunakan inti Ivy Bridge sehingga kita bisa mengharapkan yang cukup mumpuni.

 

 

Motherboard yang digunakan di NUC ini mengusung chipset QS77 Express. Walau terlihat pada aplikasi CPU-Z belum dapat terlihat chipset yang digunakan, tetapi berdasarkan spesifikasi yang kami terima NUC tipe ini menggunakan tipe chipset ini.

Jika diperhatikan dari blok diagram chipset QS77 terlihat banyak fungsi yang belum dimunculkan pada varian awal dari NUC. Bukan tidak mungkin dengan menggunakan chipset yang sama tetapi dengan prosesor yang berbeda Intel akan mengaktifkan fitur-fitur yang belum hadir pada NUC generasi awal ini.

 Karena NUC hadir tanpa disertai modul memory, maka kami menggunakan modul memory milik kami sendiri. Memory yang kami gunakna berjalan pada kecepatan 1333 MHz. NUC ini sendiri mampu mengakomodasi memory sampai kecepatan 1600 MHz dalam konfigurasi dual channel dengan kapasitas maksimal 16 GB.

 Prosesor yang dgunakan pada NUC  ini juga dilengkapi graphics card terintegrasi Intel HD 4000 dengan clock GPU sebesar 350 MHz. GPU

 

Part: 1 2 3 4 5 6 7
Random Articles
Back to Top