LOGO

Review Next Unit Of Computing (NUC) DC3217BY: HTPC Mungil Dari Intel

Part: 1 2 3 4 5 6 7

The System

 

NUC D321BY hadir dengan tampilan yang sederhana. Produk ini bisa dikatakan mungil mengingat ukuran yang hanya sebesar 4″x4″. Secara konstruksi sangat terkesan industrial. Hal ini memang merupakan ciri khas dari Intel yang lebih mementingkan fungsionalitas diatas nilai estetis dalam design sebuah produk.

Tampak Depan

Dibagian depan terlihat cukup sederhana. Pemilihan warna hitam dof memberikan kesan kokoh pada produk ini. Dibagian ini juga tersedia sebuah slot USB 2.0 yang dapat digunakan untuk menancapkan peripheral seperti flashdisk atau hard disk ekstrenal.

Tampak Atas

Untuk bagian atas, Intel memilih warna merah maroon. Pemilihan warna ini memberikan sentuhan segar pada design produk yang sangat industrial.

Tampak bawah

Pada Bagian bawah kita dapat melihat kisi-kisi udara tempat dimana udara panas dikeluarkan. Pastikan bagian ini tidak terhalang untuk memastikan airflow yang cukup.

Bagian belakang dipenuh oleh port Input/Output dan sebagian kisi-kisi udara yang berguna agar hardware didalam casing bisa “bernapas” dengan lega.

Port  I/O  yang tersedia pada sisi belakang NUC DC321BY ini terdiri dari:

  • 1x Input Power Adapter
  • 2x USB 2.0
  • 1x HDMI
  • 1x Thunderbolt
  • 1x Kensington Lock
NUC dapat dibuka dengan melepaskan empat buat sekrup yang berada dibagian bawah casing.
Inilah yang Anda temukan ketika membuka bagian dalam dari NUC. Paket penjualan produk ini  memang tidak menyertakan beberapa komponen esensial seperti memory, storage (dalam bentuk SSD M-SATA) dan modul WiFi. Intel memberikan kebebesan bagi pengguna untuk memilih komponen yang ingin mereka gunakan.
Dalam paket penjualan NUC terdapat sebuah VESA bracket. Aksesories ini digunakan dengan cara dipasangkan pada monitor yang memiliki VESA mounting.
Dengan dipasangkannya VESA mounting pada monitor maka NUC dapat dipasangkan pada mounting tersebut. Metode pemasangkan ini sangat berguna ketika ingin mengfungsikan NUC sebagai sarana multimedia di rumah. Dengan cara ini NUC dapat “tersembunyi” agar tidak mengganggu tata design dari ruang yang ditempatinya.
 Jika dilihat dari samping, dengan metode pemasangan ini membuat NUC mudah disembunyikan. Ini sangat cocok sekali dengan skenario pemakaian rumah tangga dimana kadang ruang yang ada cenderung terbatas atau sekedar terbentur dengan alasan mengganggu segi estetis dari sebuah ruangan.
Random Articles
Back to Top