LOGO

Review Next Unit Of Computing (NUC) DC3217BY: HTPC Mungil Dari Intel

Part: 1 2 3 4 5 6 7

Kesimpulan

Next Unit Of Computing memang langkah berikutnya dalam perkembangan sistem komputer. Dengan inovasi yang hadir dalam bentuk integrasi GPU kedalam CPU dan konsumsi daya yang semakin rendah membuat form factor yang mungil tetapi masih tetap bertenaga dapat direalisasikan. Produk Intel yang bernama NUC DC321BY merupakan langkah pertama menuju sistem mungil tetapi bertenaga.

Produk Intel yang mengusung prosesor Core i3 3217 U ini merupakan contoh bahwa form factor mungil dapat digabungkan dengan performa yang cukup mumpuni. Jika kita berbicara performa maka hal yang paling mudah kita lihat adalah performa sebuah sistem ketika memainkan sebuah game. Terbukti bahwa dengan dipersenjatai Intel HD400, sistem ini mampu memainkan game-game casual seperti Left 4 Dead 2 dan Dirt 3 dengan FPS yang cukup memuaskan. Apakah anda mengharapkan bermain game berat pada sistem ini? Sayangnya pada saat ini hal tersebut masih belum memungkinkan. Sangat wajar mengingat bahwa sistem ini “hanya” menggunakan sebuah prosesor mobile Ultra Low Voltage (ULV) dan GPU onboard. Jika melihat chipset yang digunakan masih memiliki fitur-fitur yang belum muncul pada varian ini, kami masih menantikan iterasi berikutnya dari produk yang kemungkin besar akan mengusung prosesor yang lebih bertenaga lagi.

Tak gading yang tak retak. Ada beberapa yang masih membutuhkan perbaikan. Akibat penggunaan form factor yang mungil ini membuat ruang untuk menempatkan I/O menjadi sedikit terbatas. Terlihat sekali bahwa I/O pada sistem ini sangat terbatas. Hal lain yang mungkin dipertimbangkan Intel adalah kemungkinan menjual NUC dalam satu paket utuh lengkap dengan memory, M-SATA dan modul wi-fi. Ini akan mempermudah pembeli yang ingin sekedar “tahu beres” saja.

Harga yang diumumkan oleh Intel untuk NUC ini adalah USD 300 dalam keadaan “kosong”. Diperkirakan jika dalam kondisi lengkap bisa mencapai USD 500. JIka kita lihat memang terlihat masih cukup premium. Mungkin dengan seiringnya banyak produsen yang mengadopsi NUC maka harga akan makin lama makin murah.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah Intel membuat sebuah unit komputer. Tentunya ini dilakukan untuk memperkenalkan form factor baru kepada khalayak umum. Dengan diperkenalkannya Next Unit Of Computing ini, Intel berharap produsen yang mulai mempertimbangkan untuk mendesign semua sistem dengan ukuran mungil tetapi performa yang mumpuni. Intel percaya pada prinsip “Leading By Doing”, ¬†terbukti pada CES 2013,¬†Gigabyte telah memperkenalkan NUC versi mereka yang menggunakan prosesor Core i7. Terbukti bahwa form factor ini adalah langkah berikutnya dalam evolusi dari komputer dan Intel hadir sebagai pionir dalam bidang ini.

Kelebihan

  • Performa game cukup mumpuni ketika memainkan game casual
  • Hemat daya
  • Ukuran yang mungil
  • Disediakannya VESA mounting bracket sehingga dapat dipasangkan ke belakang monitor
  • Intel Visual BIOS

Kekurangan

  • Dijual tanpa komponen esensial seperti memory, M-SATA dan modul wi-fi
  • Jumlah I/O yang tergolong sedikit
  • Tidak memiliki sound output tersendiri sehingga harus mengandalkan sound output dari HDMI
  • Harga yang masih premium
Part: 1 2 3 4 5 6 7
Random Articles
Back to Top