LOGO
,

[RUMOR] Sony Akan Perkenalkan Teknologi Eye-Tracking Autofocus Pada Tahun 2014

Walau tahun 2013 ini baru memasuki bulan pertamanya, rumor untuk 2014 pun telah bermunculan. Salah satu rumor menarik datang dari raksasa elektronik Jepang yaitu Sony. Rumor kali ini berkaitan dengan produk fotografi mereka.

Dikabarkan oleh salah satu website yang mengkhususkan diri pada rumor yang berkaitan dengan produk Sony bernama sonyalpharumors bahwa tahun 2014 berencana memperkenalkan teknologi Eye Tracking Autofocus pada kamera flagship mereka. Teknologi ini akan membuat Anda bisa memindahkan titik autofocus pada kamera hanya dengan lirikan mata . Umumnya titik Autofocus ini dikontrol secara automatis oleh sensor Autofocus atau dapat dikendalikan secara manual. Keuntungan dari teknologi ini adalah titik Autofocus dapat ditentukan lebih cepat dan lebih akurat. Pada saat ini memang tidak ada yang bisa mengalahkan kecepatan Autofocus dari mata manusia.

Tentunya Eye Tracking Autofocus tetap memiliki kekurangan, diantaranya adalah sistem ini butuh dikalibrasi berdasarkan penggunanya. Setiap pengguna yang akan menggunakan sistem Autofocus ini harus mengkalibrasi matanya dan menyimpan setting tersebut didalam kamera. Kekurangan lainnya adalah mode autofocus ini hanya bisa bekerja apabila Anda menggunakan viewfinder. Pada saat mode LiveView sistem ini tidak dapat bekerja.

Mungkin Anda mengira bahwa teknologi yang akan diperkenalkan oleh Sony adalah sesuatu yang baru. Pada kenyataannya, Canon pernah menawarkan teknologi yang sama pada kamera analog mereka. Beberapa kamera yang sempat mengadopsi teknologi ini adalah Canon A2E, Elan IIE, IXe, 3 Elan 7E dan Elan 7NE. Tanpa alasan yang jelas Canon memutuskan untuk tidak mempergunakan teknologi ini pada kamera-kamera berikutnya.

 Sony menyebutkan bahwa kamera yang akan mengadopsi teknologi Autofocus ini adalah kamera flagship mereka karena pertimbangan harga. Dengan harga teknologi ini yang tak murah, kemungkinan besar hanya produk-produk high end mereka yang akan mengadopsi teknologi ini. Pertanyaannya adalah apakah pada tahun 2014 produk flagship dari Sony merupakan sebuah DSLR, mirrorless atau bahkan kamera compact? Cukup menarik jika memutuskan mengadopsi teknologi ini untuk kamera compact, karena kemungkinan dapat menarik pada pengguna yang tadinya memilih kamera mirrorless kembali ke kamera compact. Dapatkah Anda bayangkan sebuah kamera yang ringkas dengan sensor full frame (penerus RX-1) dengan teknologi Eye Tracking Autofocus?

Sumber : Petapixel

Random Articles
Back to Top