in: News | January 31, 2013 | by: Cerira

Samsung Capai Produksi 300 Juta Unit Panel AMOLED

Setelah Samsung mengganti penggunaan display Organic LED atau OLED dengan AMOLED sejak tahun 2007 yang disempurnakan lagi dengan tipe Super AMOLED untuk produk-produk ponsel kelas menengah ke atas, Samsung mengumumkan bahwa mereka telah memproduksi sebanyak 300 juta panel display yang menggunakan AMOLED. Hal tersebut tentu saja sangat membanggakan, karena tak hanya produk milik Samsung saja yang telah menggunakan display besutan Samsung tersebut.

Selain prosesor, sebuah smartphone atau tablet memang tak bisa lepas dari display yang menjadi ‘wajah’-nya. Dengan dukungan display yang berkualitas, pengguna pun bisa merasa nyaman dan menu-menu bisa tampil dengan maksimal dan sempurna. Dan Super AMOLED menjadi kebanggaan Samsung karena hampir semua smartphone dan tablet yang menggunakan display tersebut senantiasa menjadi piranti favorit karena mampu menghadirkan user interface dengan lebih jempolan. Nyaris tak ada yang menyangkal kalau display Super AMOLED yang disematkan di smartphone atau tablet memiliki performa yang nyaris sempurna.

Samsung sendiri pertama kali membenamkan display Super AMOLED di Galaxy S. dan kini display Super AMOLED telah berkembang semakin besar dan didukung dengan resolusi piksel yang makin besar dan rapat. Jika Galaxy S dan SII menggunakan display Super AMOLED dengan resolusi 800 x 480 piksel, maka generasi ketiga Galaxy SIII sudah menggunakan resolusi 1280 x 720 piksel. Galaxy Note sebagai phablet andalan Samsung juga menghadirkan resolusi 1280 x 800 piksel sehingga bisa memiliki tampilan tajam dan jernih.

Meskipun tak semua orang menyukai tampilan dari AMOLED dimana display ini dinilai sering memiliki kejernihan yang terlalu berlebihan dan saturasi warna yang tidak sejalan dengan pengaturan sub-pixel PenTile dan banyak yang menganggap panel tipe IPS bisa menghadirkan warna lebih jernih dan realistis karena bisa menghadirkan sudut pandang yang lebih baik, namun Samsung tetap berkomitmen meneruskan produksi panel Super AMOLEDnya. Penjualan Galaxy SIII yang mencapai 40 juta unit dan masih terus meningkat menjadi bukti bahwa smartphone tersebut sangat diterima oleh pasar. Bahkan menurut rumor yang beredar, Samsung yang akan meluncurkan Galaxy IV akan dibenami dengan display Super AMOLED dengan layar selebar 4.99 inchi dan resolusi yang sangat tinggi, yakni 1920 x 1080 piksel.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES