LOGO
,

ST-Ericsson Rilis NovaThor L8580, Quad-Core Mobile Berkecepatan 2,5 GHz

Ajang CES (Computer Electronics Show) 2013 memang menjadi momen yang tepat bagi produsen hardware untuk memperkenalkan berbagai produk terbaru mereka. Di antara sekian banyak produk yang diperkenalkan, terdapat prosesor mobile untuk perangkat smartphone dan juga tablet. Setelah NVIDIA memperkenalkan Tegra 4, Samsung memperkenalkan Exynos 5 Octa, dan Qualcomm yang memperkenalkan Snapdragon S600 dan S800, ST-Ericsson tidak mau ketinggalan memperkenalkan prosesor mobile terbaru mereka NovaThor L8580. Selama ini NovaThor dikenal telah menjadi otak dari smartphone buatan Sony Mobile dan juga Samsung.

NovaThor L8580 dilengkapi prosesor eQuad quad-core Cortex-A9 dengan clock speed hingga sebesar 2,5 GHz dengan unit GPU PowerVR SGX544. NovaThor L8580 dipasangkan dengan RAM tipe LPDDR2 dengan konfigurasi dual-channel. NovaThor L8580 dirancang mampu menurunkan penggunaan daya hingga sebesar 0,6 Volt.

Spesifikasi seperti itu membuat NovaThor L8580 mampu menangani konten video 1920×1080 dengan panel display hingga resolusi gambar 1920×1200. Tidak hanya itu, NovaThor L8580 dapat dipasangkan dengan kamera belakang dengan ukuran hingga 20 MegaPixel dan kamera depan hingga ukuran 5 MegaPixel. Untuk jaringan, NovaThor L8580 mendukung koneksi LTE HSPA+, TD-SCDMA, dan juga EDGE.

Melihat tren perangkat mobile kelas high-end mulai menggunakan prosesor Cortex-A15, tampaknya prosesor ini lebih ditujukan untuk perangkat mobile, smartphone atau tablet, kelas mainstream atau menengah. Tentu saja hal ini menjadi kabar baik bagi pengguna yang mengincar perangkat mobile kelas mainstream dengan performa tinggi tetapi dengan harga terjangkau. Apakah ini berarti kita akan mulai melihat prosesor dual-core masuk kelas entry-level dengan mulai masuknya prosesor quad-core murah pada kelas mainstream? Kita lihat saja perkembangan yang akan terjadi di tahun ini.

Random Articles
Back to Top