in: News - Otomotif | January 4, 2013 | by: Ernest Dimitria

Toyota dan Audi Siapkan Mobil Otomatis untuk CES 2013

Ajang CES 2013 di Las Vegas, Amerika Serikat, akan diramaikan oleh dua pemain besar dari industri otomotif. Toyota dan Audi rencananya akan memamerkan kebolehan mobil pabrikan mereka yang memiliki kemampuan mengemudi secara otomatis.

Google mengembangkan teknologi tersebut bersama tim ahli robotik menggunakan rangkaian indikator visual, software artificial intelligence, GPS, dan beragam sensor. Dengan begitu, mobil dapat berjalan secara otomatis ke tempat tujuan menggunakan data-data dari rangkaian perangkat tersebut.

Image source: CNET Car Tech.

Toyota telah menyiapkan prototipe dari brand mewahnya, Lexus LS 600h, untuk ajang CES minggu depan. Mobil tersebut dipersenjatai sebuah laser di bagian atap, radar, dan perangkat kamera untuk memudahkan navigasi dan mengarahkan jalan kendaraan tanpa pengemudi di belakang setir. Toyota juga menampilkan sebuah video preview dengan caption “Lexus advanced active safety research vehicle is leading the industry into a new automated era.” Namun, raksasa otomotif asal Jepang tersebut masih harus menghadapi persaingan sengit.

Persaingan itu datang dari Audi. Produsen mobil asal Jerman tersebut mengaku telah menyiapkan mobil dengan kemampuan serupa untuk ajang CES 2013. Sejumlah fitur tambahan turut disematkan dalam mobil tersebut, antara lain kemampuan untuk mencari tempat parkir dan memarkirkan mobil tanpa bantuan pengemudi.

Dengan produsen-produsen mobil yang mulai menunjukkan komitmennya kepada teknologi autonomous driving, tampaknya era lalu lintas yang serba otomatis sudah semakin dekat.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES