LOGO
,

Video: Haswell GT3 IGP vs Nvidia GeForce GT650M

Prosesor Intel Haswell yang rencananya akan diluncurkan pertengahan tahun ini masih menyimpan banyak misteri. Selama ini, kinerja grafis terintegrasi (IGP) di Haswell adalah satu hal yang yang sering diangkat ke permukaan, karena disinyalir performa gaming pada  IGP Haswell akan meningkat jauh dari IGP Intel HD 4000 yang sebelumnya.

Ini cukup wajar, mengingat IGP Haswell yang tertinggi, disebut juga dengan Haswell GT3, akan memiliki 40 EU (execution unit), sekitar 2.5x lebih banyak dari Intel HD 4000, belum lagi Haswell GT3 ini dirumorkan akan memiliki sebuah bentuk ‘embedded DRAM‘ untuk meningkatkan performanya.

Intel memanfaatkan ajang CES 2013 untuk memamerkan kemampuan Haswell GT3 ini, dengan membandingkannya kepada sebuah GPU diskrit untuk notebook yakni NVIDIA GT650M (ini cukup wajar, mengingat Haswell GT3 akan dirilis pada notebook juga).

Kedua sistem ini (Haswell GT3 dan NVIDIA Geforce GT650M) menjalankan sebuah Dirt 3 benchmark, yang berjalan pada preset High, resolusi 1080p, AA off, dan Vsync Off. Intel menolak memberikan hasil benchmark, namun mengijinkan anda untuk melihat dan menilainya sendiri.

Berikut Videonya (Haswell GT3 di sebelah Kiri , NVIDIA GT650M di sebelah kanan) :

Bagaimana menurut anda? Apakah Haswell GT3 sudah cukup cepat untuk menyaingi vga diskrit sekelas NVIDIA GT650M? We’ll let you decide on that one :).

Sayangnya Anda yang menanti Haswell untuk Desktop harus gigit jari karena sejauh ini Intel belum berencana untuk mengeluarkan varian Haswell desktop yang dilengkapi IGP Haswell GT3, dan semua roadmap yang ada menunjukkan bahwa Haswell versi desktop ‘hanya’ akan mendapat IGP Haswell GT2.

*klik untuk memperbesar*

Sumber : Anandtech

Random Articles
Back to Top