in: News | January 25, 2013 | by: Ernest Dimitria

Windows 8 Dongkrak Pendapatan Microsoft pada Kuartal Kedua 2013

Microsoft mengumumkan laporan keuangan untuk kuartal kedua pada tahun fiskal 2013. Di kuartal tersebut, Microsoft berhasil membukukan pendapatan sebesar US$21,56 miliar dengan keuntungan bersih sebesar US$6,38. Jumlah keuntungan yang mereka raih merupakan peningkatan dari kuartal maupun tahun sebelumnya.

Image source: The Tech Block.

Dari keseluruhan pendapatan Microsoft, Slashgear melaporkan sekitar US$6 miliar datang dari Windows 8 yang meluncur pada akhir tahun lalu. Jumlah pendapatan dari sistem operasi besutan Microsoft mengalami peningkatan 24% dibanding tahun sebelumnya.

Selain Windows 8, peningkatan keuntungan yang dirasakan Microsoft turut dikontribusikan oleh divisi layanan online, khususnya dari Skydrive dan Office 365 yang akan segera diluncurkan. Divisi tersebut berhasil membukukan pendapatan sebesar US$869 juta, meningkat 11% dari tahun sebelumnya.

Meskipun begitu, tidak semua divisi dalam Microsoft mengalami pertumbuhan yang positif. Bahkan, divisi hiburan dan perangkat yang menaungi Xbox dan tablet Surface pun mengalami penurunan pendapatan. Dilaporkan jumlah pendapatan divisi tersebut pada kuartal kedua sebesar US$3.77 miliar. Angka tersebut menunjukkan adanya penurunan sebesar 11% dibanding tahun sebelumnya.

Ironisnya, laporan tersebut muncul setelah Microsoft mengumumkan untuk kedua kalinya Xbox meraih gelar sebagai konsol gaming terlaris. Performa Surface yang seharusnya menjadi produk unggulan di lini tablet berbasis Windows pun belum menunjukkan “taringnya”.

Selain itu, divisi bisnis Microsoft juga mengalami penurunan pendapatan sebesar 10% dibanding tahun sebelumnya menjadi US$5,7 miliar.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES