LOGO
,,

3DMark Terbaru Akhirnya Resmi Dirilis!

Setelah sebelumnya sempat ditunda beberapa kali, hari ini, tepatnya Tanggal 5 Februari 2013 pukul 01.00 WIB (atau 4 Februari 2013 pukul 18:00 UTC), Futuremark resmi merilis benchmark terbaru mereka : 3DMark !

Pada versi OS Windows , 3DMark berisi 3(tiga) macam benchmark , untuk menguji sistem pada skenario yang berbeda-beda, yakni :

  1. 3DMark Ice Storm : untuk menguji kemampuan tablet , ultra-portable notebook, dan entry-level PC
  2. 3DMark Cloud Gate : untuk menguji kemampuan PC atau Notebook mainstream
  3. 3DMark Fire Strike : untuk menguji high-performance gaming PC

Catatan : Pada saat artikel ini dibuat, Futuremark sudah menyiapkan satu versi benchmark (3DMark Ice Storm) yang bisa berjalan pada Perangkat berbasis Windows RT, Android, dan Apple iOS, namun sejauh ini versi-versi tersebut belum tersedia.

Namanya 3DMark – bukan 3DMark 2013

Skema penamaan dari benchmark ini cukup unik, karena namanya sangat singkat : 3DMark , bukan 3DMark Next atau 3DMark 2013. Menurut Futuremark, penamaan yang berbeda ini mencerminkan kemampuan 3DMark untuk menjalankan berbagai skenario pengujian, bahkan ini adalah benchmark 3DMark pertama yang menawarkan pengujian cross-platform (Windows, Windows RT, Android, iOS) , dan juga mengijinkan pengujian berbagai Direct3D Feature Level dalam satu aplikasi (kami akan membahas ini lebih detail di hands-on kami pada artikel berikutnya)

Minimal System Requirement

Untuk menjalankan 3DMark, anda harus memiliki kebutuhan hardware minimal seperti dibawah ini :

Mengingat 3DMark ini rilis di tahun 2013, nampaknya kebutuhan sistem minimal seperti diatas sudah bisa ditemukan di kebanyakan PC / Notebook, tidak ada yang terlalu berat. Bahkan, berbeda dengan 3DMark 11 yang mutlak membutuhkan GPU yang mensupport DirectX 11, ada beberapa skenario pengujian 3DMark terbaru ini yang bisa berjalan pada hardware yang hanya mensupport DirectX 9 (3DMark Ice Storm), dan DirectX 10 (3DMark Cloud Gate). Meskipun demikian, anda tetap membutuhkan OS yang mendukung DirectX 11 runtime, seperti Windows 7 dan Windows Vista dengan DirectX11 platform update.

 

Versi – Basic, Advanced, Professional

Seperti benchmark mereka versi terdahulu, 3DMark tersedia dalam 3(tiga) versi, yakni :

Versi basic bisa diunduh secara gratis, sedangkan versi Advanced berharga 24.95 USD. Perbedaan dari ketiga versi ini akan kita bahas pada artikel berikutnya.

 

3DMark – Siapkah PC Anda?

Aplikasi benchmark terbaru ini dapat diunduh pada : http://www.futuremark.com/benchmarks/3dmark.

Tunggu apalagi, segera download dan uji kemampuan PC gaming anda !

Next : Hands-on 3Dmark !

 

 

 

Random Articles
Back to Top