LOGO
,

AMD Persiapkan VGA Radeon HD 7990 “Malta” Untuk Hadapi GeForce GTX Titan?

Kemunculan graphics card single-GPU terkencang di muka bumi dari NVIDIA, GeForce GTX Titan, memang menyita perhatian banyak orang terutama gamer kelas enthusiast. Bersenjatakan chip GPU GK110, GeForce GTX Titan memang mampu menawarkan performa tinggi untuk menjalankan game dengan lancar di resolusi gambar Ultra HD dengan setting kualitas grafik rata kanan. Kehadiran GeForce GTX Titan tentu saja menimbulkan pertanyaan, “Bagaimanakah langkah AMD dalam menghadapi graphics card tersebut?”.

FirePro S1000, graphics card dual-GPU Tahiti Pro untuk kelas profesional. Apakah Radeon HD 7990 akan memiliki desain seperti ini nantinya?

Untuk menghadapi GeForce GTX Titan atau lebih tepatnya diposisikan untuk menghadapai GTX 690, AMD dikabarkan akan merilis graphics card dual-GPU Radeon HD 7990 dengan codename Malta. Dengan penundaan perilisan graphics card Sea Island, senjata andalan AMD saat ini memang bergantung kepada chip GPU graphics card seri HD 7000 Southern Island. Dengan kemampuan GeForce GTX Titan saat ini, kami cukup penasaran bagaimana AMD akan meramu spesifikasi maupun kemampuan Radeon HD 7990 nantinya.

Cukup disayangkan belum diketahui chip GPU apakah yang akan digunakan AMD untuk Radeon HD 7990. Kandidat terkuat tentu saja ada di Tahiti XT yang merupakan chip GPU terkencang yang dimiliki AMD. Tentu saja tidak menutup kemungkinan AMD akan meracik chip GPU baru tetap berbasiskan arsitektur GCN Southern Island. Diperkirakan chip GPU tersebut akan dilengkapi clock GPU di atas 1GHz.

Untuk dapat bersaing dengan GeForce GTX Titan dan juga GTX 690, Radeon HD 7990 tersebut tentu saja harus menawarkan performa setidaknya seimbang dengan kisaran harga jual sama atau lebih murah. Kalaupun Radeon HD 7990 mampu menawarkan hal tersebut terdapat kekhawatiran lainnya yaitu konsumsi daya. Jika kita perhatikan Radeon HD 7990 (dual Tahiti XT) kreasi produsen partner AMD seperti TUL atau ASUS, graphics card tersebut memerlukan 3 buah konektor daya 8-pin. Sedangkan GeForce GTX 690 hanya membutuhkan 2 buah konektor daya 8-pin dan GTX Titan hanya membutuhkan konektor daya 8-pin + 6-pin.

Dengan target untuk menghadapi GeForce GTX Titan dan GTX 690, Radeon HD 7990 diperkirakan akan memiliki kisaran harga jual setidaknya $999.

Sumber

Random Articles
Back to Top