LOGO
,

AMD Radeon HD 8000 Muncul Pada VGA PC Branded?

Berita kemunculan atau mungkin bisa disebut juga “penampakan” graphics card AMD Radeon HD 8000 series memang sudah pernah beberapa kali diberitakan sejak akhir tahun lalu hingga saat ini. Walaupun dari pihak AMD sendiri belum ada keterangan resmi apapun mengenai graphics card Radeon HD mereka generasi ke-8 ini, dijagat maya sana cukup banyak bertebaran mengenai rumor kemunculan graphics card ini sebagai list graphics card pada spesifikasi PC Branded.

Seperti pada awal tahun lalu, website Videocardz mengabarkan list spesifikasi sebuah PC Gaming Branded dari Lenovo yaitu Erazer X700 yang diperkenalkan pada ajang CES lalu akan dilengkapi dengan pilihan graphics card AMD Radeon HD 8950 3GB CFX ataupun NVIDIA GeForce GTX 660 SLI. Berikut spesifikasi lengkap PC Erazer X700 tersebut:

Dari informasi yang kami dapatkan, ternyata HD 8950 OEM ini tidak lain merupakan rebrand dari HD 7950 saat ini yang menggunakan chip GPU Tahiti Pro, oleh karena itu tidak mengherankan jika Lenovo memberikan pilihan spesifikasi HD 8950 OEM ini disandingkan dengan GTX 660. PC Gaming Lenovo Erazer X700 ini baru akan dirilis pada pertengahan tahun ini dengan perkiraan harga US$1499.

Selain Lenovo, HP juga sudah memiliki PC Branded dengan pilihan graphics card AMD Radeon HD 8000 series, yang statusnya sudah dapat dipesan saat ini. Radeon HD 8570 dan HD 8760 merupakan kedua graphics card yang terdapat pada list spesifikasi PC Branded HP ENVY H8-1520T pada website resmi mereka, walaupun sudah tercantum pilihan spesifikasi kedua graphics card ini masih belum bisa dipesan saat ini.

Dari tabel diatas diketahui bahwa Radeon HD 8760 merupakan rebrand HD 7770 yang menggunakan chip GPU Cape Verde kelas mainstream, sedangkan HD 8570 merupakan varian baru kelas entry-level dengan 384 unit SP yang masih menggunakan arsitektur GCN.

Keputusan AMD untuk melakukan rebranding pada graphics card OEM ini mungkin akan sangat membingungkan bagi para user yang tidak memiliki informasi mengenai graphics card ini. Apalagi jika nantinya Radeon HD 8000 series yang “sebenarnya” muncul, apakah AMD masih akan memberikan skema penamaan yang sama dengan versi OEM-nya? Mari kita tunggu saja.

Random Articles
Back to Top