LOGO
,

Blackberry Z10 (London) Tidak Butuh Paket BIS

Berdasarkan sebuah wawancara dengan salah satu pengguna Blackberry 10 (Z10) pertama di Indonesia, Deddy Avianto (@IDBerry), BIS sudah tidak dibutuhkan untuk menikmati fitur-fitur khas Blackberry. Ya, itu termasuk fitu BBM atau Blackberry Messenger.

JagatReview: Bagaimana dengan aktivasi BIS?

Deddy Avianto: Berdasarkan statement terakhir dari pihak Blackberry, pengguna BB10 tidak memerlukan paket khusus untuk mengaktifkan BIS. Yang dibutuhkan hanya paket data biasa.

Hal ini terbukti dari Z10 yang diperlihatkannya kepada kami, di mana BBM dan semua aplikasi bisa berjalan lancar dan normal hanya menggunakan pake data XL Hotrod saja. Blackberry Q10 (dengan keyboard fisik) seharusnya juga menggunakan pola tarif yang sama.

Tentu saja ini akan mengubah pola tarif yang sudah biasa digunakan oleh para pemakai Blackberry. Jadi, seharusnya nantinya para pengguna Blackberry 10 di Indonesia akan bisa memanfaatkan paket-paket data yang umum dipakai oleh pengguna smartphone jenis lain. Akan tetapi, sepertinya hal ini hanya akan berlaku untuk Blackberry dengan OS BB10.

Dari sisi operator, ada kemungkinan ini adalah sebuah keuntungan tersendiri. Karena seharusnya dengan penggunaan layanan Internet berbasis data tersebut tidak memiliki komponen yang harus dibayarkan dari operator ke Blackberry (dahulu RIM). Tampaknya, Blackberry akan lebih berkonsentrasi mencari keuntungan dari aplikasi-aplikasi yang disediakan di Blackberry Application World. Hal inilah yang selama ini dilakukan oleh Apple dan Google. Akan tetapi, untuk urusan yang satu ini, setidaknya di Indonesia, Blackberry memiliki keunggulan tersendiri karena pembelian aplikasi sudah bisa dilakukan dengan pemotongan pulsa (berlaku untuk sebagian operator di Indonesia).

Berikut adalah wawancara lengkap dengan Deddy Avianto seputar pengalaman menggunakan Blackberry Z10-nya

Random Articles
Back to Top