LOGO

HAL Robot Suit Untuk Pasien Rehabilitasi dan Manula

Adanya teknologi baju robot exoskeleton seperti dalam film atau game fiksi ilmiah terdengar seperti mimpi, tetapi bukannya tidak mungkin untuk bisa mewujudkannya. Perkembangan baju robot exoskeleton yang dapat digunakan oleh manusia sudah dilakukan sejak beberapa tahun sebelumnya. Hanya saja beberapa di antaranya bukan digunakan untuk masyarakat umum.

Di Jepang sendiri, terdapat baju robot exoskeleton yang diberi nama HAL Robotic Suit buatan perusahaan Jepang bernama Cyberdyne. Baju robot ini bukanlah baju robot baru, tetapi sudah mulai dikembangkan sejak tahun 2008 lalu. Pada tahun 2013 ini, HAL Robotic Suit sudah mendapatkan sertifikat keamanan internasional yang membuktikan bahwa baju robot exoskeleton ini aman untuk digunakan oleh masyarakat secara keseluruhan.

Tentu saja, baju robotik ini dispesialisasikan untuk para pasien rehabilitasi dan para manula yang sulit untuk menggerakan anggota badan tertentu. Dengan menggunakan baju robotik ini, para pasien dan orang manula tersebut akan dibantu untuk mampu menggerakkan anggota tubuh yang sulit untuk digerakkan tersebut. Tak perlu melakukan gerakan yang berat, baju robotik ini mampu mendeteksi gerakan tubuh dan akan langsung bergerak membantu sang pengguna dalam menggerakkan anggota tubuh yang sulit mereka gerakan.

HAL Robotic Suit ini menggunakan tenaga baterai seberat 22 pound yang dipasang di bagian pinggang baju robotik ini. Dengan baterai ini, baju robotik ini dapat digunakan untuk berbagai aktivitas sehari-hari atau untuk berjalan dalam jarak yang jauh.

 

HAL Robotic Suit ini dapat dipinjam untuk dipakai oleh pasien rehabilitasi atau para manula untuk membantu gerakan tubuh mereka, dan sayangnya tidak dapat dipinjam oleh orang-orang yang masih sehat. Para peminjam tak perlu meminjam satu baju robotik ini secara utuh, karena mereka dapat meminjam bagian-bagian tertentu saja seperti bagian kaki atau tangan. Untuk bagian kaki, baju robotik ini dalah dipinjam dengan harga rental $2200 per bulan, sedangkan jika hanya membutuhkan bagian satu kaki saja maka harga rentalnya menjadi $1500 per bulan.

Random Articles
Back to Top